Daftar Tarif Pos

Mau kirim kartu pos ke negara Mauritius, berapa ya perangkonya?

Surat gw berat banget banget karena isinya puluhan lembar. Butuh berapa perangko ya biar nyampe Maroko?

Dari pengalaman mengirim kartu pos dari berbagai tempat, tidak semua petugas familier dengan tarif pos. Untuk beberapa saat, gw luntang-lantung. Awalnya gw hanya mengandalkan perkataan abang-abang Warpostel FISIP UI.

Asia 3 rebu.

Eropa 4 rebu.

Amerika 5 rebu.

Tapi menurut kantor pos Pinang Ranti, semua perangko ke luar negeri 10rb. Kemana pun. Berapapun beratnya. Loh kok?

Jiwa jurnalis gw tergerak (prikitiww) untuk cek dan ricek. Harus pastikan fakta ke sumbernya langsung. Solusinya, gw langsung meminta daftar tarif dari kantor pos pusat. Problem solved!!

Silakan cek berapa perangko yang dibutuhkan untuk kirim kartu pos/surat ke daerah Indonesia, Asia Pasifik, Afrika, Amerika, dan Eropa di link masing-masing.

Banyak yang bilang kalo petugas ngasih tarif beda-beda. Maka dari itu, kalo gw sih menganut paham: tempel perangko sendiri dari rumah (dengan tarif yang benar), jadi saat ke kantor pos kita langsung naro surat/kartu pos. Biasanya kalo kita langsung ngasih petugasnya gak banyak omong. Kalopun ngomong ini perangkonya kurang, bilang aja kalau ini tarif dari pusat. Dan selama ini kartu pos dan surat yang gw kirim nyampe aja kok. Jadi, gw selalu nyimpen stok perangko yang banyak (bisa beli di Kantor Filateli). Pas lagi keabisan perangko ya terpaksa harus beli on the spot sih. Kadang petugas langsung interogasi kita mau ngirim kemana, gw sih langsung minta aja mau perangko berapa, gak bilang negara apa.  Begitu deh, tips agar gak kecolongan ngirim pake perangko terlalu mahal ya sepertinya memang harus tempel perangko sendiri. Kalo ada waktu, sempetin deh main ke Kantor Filateli. Ragam perangko yang bisa dibeli di Kantor Filateli tentu jauh lebih banyak daripada kantor pos. Berarti kan kita bisa ngirim perangko yang lebih lucu-lucu juga~

Okeee? Jadi saat ditanya mau kirim kemana? Lebih baik langsung bilang, saya beli perangko 3500 tiga buah. Kalo petugas protes, bilang aja ini saya ngikutin daftar kantor pos pusat. Mudah-mudahan dapet petugas yang baik dan gak rese ya. Soalnya temen gw pernah dimarah-marahin petugas kantor pos Tangerang karena membantah anggapan bahwa kirim kartu pos ke luar negeri itu dipukul rata perangkonya seharga sepuluh ribu rupiah. Yah, lagi apes, ganti kantor pos deh :(

ps: Tarif ini diberlakukan mulai tahun 2002. Gw hanya mengetik ulang daftar yang ada di kantor pos pusat. Kalau ada kesalahan nama negara, kemungkinan besar itu eror dari Kantor Posnya :D

beberapa catatan:

  • Apa sih warkat pos? Menurut bung Hendro di komen ini:

 Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

Sepakat? Gue juga belom pernah liat jadi jangan tanya sama sayah.

  • Perangko buat surat yang bagian mana?

Kalo suratnya cuma berisi beberapa kertas enteng, ya berarti kategori 20 gram. Kalo nulis suratnya sama kaya nulis skripsi, ya berarti lebih dari 20 gram. Kalo gak yakin, timbang aja suratnya. 

Gw suka menimbang surat pake timbangan buat bikin kue kalo nyelipin sesuatu yang agak berat kaya suvenir gantungan kunci yang bisa dimasukin ke amplop.

Kalo lebih gak yakin lagi, serahkan perhitungan perangko pada petugas pos di kantor pos besar. Kalo di kantor pos cabang yang gedenya cuma warung kadang suka bingung kalo gw ngasih surat ke luar negeri. Antrilah di loket, beri suratnya, bilang mau kirim kemana, apakah paket kilat atau biasa. Nanti petugas akan menimbang dan menentukan harga kirim (bisa perangko atau kilat. Kalo kilat gak pake perangko).

 

Last but not least, gw bukan petugas pos. Jadi kalo emang mau nanya lebih lanjut coba sempatkan ke kantor pos besar (kalo perlu pusat) dan tanya langsung sama yang berwenang ya :D

 

Tagged , , , , , , ,

94 thoughts on “Daftar Tarif Pos

  1. ninohime mengatakan:

    berguna sekali blognya ibu nanien… :D

    • nanien mengatakan:

      lumayan yaa ga usah pusing-pusing nentuin harga sendiri :D
      Ayo Jeng Pewe udah join anuan postcrossing beyuuum? Biar kita konek offline online in person/by mail ;)

  2. Jervine mengatakan:

    Jeng, salam kenal dari Malang… *SKSD :D
    Ini tarif masih berlaku kan smpe skrg? Yang untuk ke LN, berlaku dr belahan Indonesia mana pun kan? Cz payah banget neh, masa’ di tempat q, dikasih tarif 20-30rb ke Eropa, Afrika, Amerika, pukul rata. Ampun2 kan….

    Jervine

    • nanien mengatakan:

      uwow kejam sekali tarifnya! Palingan itu petugas posnya sebenernya gak tau tarif, jadi asumsi sendiri aja kira2 brapa perangko biar nyampe. Saya pernah ngirim dari kantor pos Univ. Brawijaya dua bulan lalu pake tarif ini nyampe-nyampe aja tuh.

      Saran saya, tempellah perangko dari rumah. Kalo ntar kantor posnya ngotot pake tarif yang ampe puluhan ribu, yah… ganti kantor pos aja deh.

    • mizorekibishi mengatakan:

      Saya juga domisili di Malang. Ikutan postcrossing juga. Memang bener kata mb Nanien, mending beli di kantor filateli perangko yang banyak, macem2 bentuk lucu2. Terus tempel di rumah perangkonya, lalu masukin aja kartu pos di box surat terdekat biar gak usah berurusan dengan petugas kantor pos malang yang cerewet :P . Saya gak pernah ngasih ke petugas tapi masukin aja di kotak surat orange2 itu (biasanya didepan UIN). Tiap hari diambil kok sama petugasnya.
      Aku pake tarif Asia: 3 rb. Eropa: 4 rb. dan Amerika : 5 rb. Nyampe2 aja kesemuanya :)

  3. spiritofriza mengatakan:

    betewe, nin…
    ini tarif dari jakarta doank or???
    coz gw uda 28 hari kagak ada yg sampe >.<
    *wondering
    maklum, first time :D
    kmrn baca postingan di group, seminggu uda sampe netherland, gw apa kabar? pdhl kmrn uda pake prangko 5rb ke eropa… hmmm…. macet kali ya? hehe…

    eh, betewe, lw tau ga sistem pengiriman kartu pos itu gmn? misal dari daerah, dikirim ke ibu kota dulu terus ke jakarta baru ke negara ybs atau dari kantor pos tempat kita ngirim langsung dikirim ke kantor pos negara ybs?

    • spiritofriza mengatakan:

      ky’y yg pertama ya? nanya sendiri jawab sendiri :D

    • nanien mengatakan:

      Begini Riza, menurut gw -yang sok bijak- dunia pos itu sungguh sungguh misterius. Bisa lamaaaa, bisa cepet. Untuk jaga-jaga, pastikan lo ngirim dari kantor pos yang reliable (eh tapi gw kirim dari kantor keciiiiiiil banget nyampe juga sih walo lama). Jadi sabar aja dulu, tunggu deh kalo uda 2-3 bulan ga ada kabar boleh deh lo bersedih.

      Gw ga tau tuh sistem pengiriman pos. Hmmm semoga kapan2 bisa gw liput ke kantor pos ya minta kejelasan sistem hehe. Coba deh rame2 kirim imel saran ke kantor pos gituh.

  4. Cresentiana mengatakan:

    Menurut aku kirim kartu pos ke Belanda emang yg paling cepet. Udah 2 kali ini kirim kartu pos ke sana pake prangko 5000 dari kantor pos pusat Semarang selalu nyampe dalam waktu 6 hari. Malah kirim ke asia kayak china, taiwan agak lama sampenya. 8 hari-an.
    Mending kirim dari kantor pos pusat aja.

  5. Lopi mengatakan:

    Kakak, aku tuh dapet petugas yang judeees…
    terus kata dia keluar negeri itu 7500 perangkonya. kalo ga segitu ga bakalan sampai. Huuh..sebel ngelihat mba” petugas. Heuheu…
    *curcol doang kakak. :)

    • nanien mengatakan:

      kalo saya sih biasanya tempel sendiri perangkonya dari rumah. hehe. sabar yaaa.. semoga dapet kantor pos yang menyenangkan petugasnya.

      • hendro mengatakan:

        Pengalaman – kalo kita serahkan surat utk dihitung tarifnya setelah ditimbang, kadang kenanya mahal (tergantung petugasnya).
        Saran – seperti mbak Nanien, perangko tempel sendiri dg nilai sesuai daftar tarif per tujuan & setelah kita timbang (lihat daftar yg ada), jadi kalo sering2 kirim surat sebaiknya beli perangko utk stock di rumah.
        Kalo utk kartu pos – yah gak perlu ditimbang … :-)

  6. dhenis mengatakan:

    kyaa– gw gugup banget wkt ke kntor pos nanyain itu (maklum, first time), petugasnya jg sibuk sendiri.. tapi, akhirnya gw dapet tarif 6rb buat ngirim ke eropa sama amerika. nyampe gak ya? deg-degan

  7. melisiaa mengatakan:

    “Last but not least, gw bukan petugas pos. ” <– ngakak baca ini :D ;D dijamin mbak nanien, walopun bukan petugas pos, tapi pengetahuan tentang dunia posnya melebihi pegawai pos itu sendiri :D

  8. ellora mengatakan:

    Kak, aku mau tanya. kalo kirim ke korea pakai perangko harga berapa yah? Trus klo kita kirim postcardnya kita perlu bayar lagi atau cukup perangkonya aja? Maaf banyak tanya. baru pertama kali mau kirim

  9. putudilarse mengatakan:

    Saya juga lagi mau kirim banyak kartu pos untuk Polisi Hutan untuk memeriahkan acara WWF memperingati Hari Polisi Hutan Sedunia. Terima kasih infonya, Nanien, sangat membantu saya.

  10. sasi mengatakan:

    Biasanya aku paling cepet juga ke Netherlands, bbrp kali kirim pake perangko Rp. 5.000, cm butuh waktu pas 1 minggu perjalanan, kirimnya juga lewat kantor pos kecamatan kota atas (yg deket rumah aja). Kalau ke China sama Taiwan malah lebih lama, ada 2 kartuposku yang ga jelas keberadaannya sampe skrg (hampir 6 bulan) pas mau ke China n Taiwan.
    Setahun yang lalu pernah tanya tarif perangko buat kartu pos di kantor pos pusat Semarang katanya Eropa n Amerika Rp. 10.000. Pas awal2 jd member postcrossing, kartupos2 yg dikirim lamaaa bgt sampenya, sampe bbrp bulan, tapi sekarang mungkin karena udah langganan, jadi ga lama2 bgt, rata2 2 minggu (masih lama juga ya? hehe…yg penting ga berbulan-bulan).
    Biasanya juga dari rumah perangkonya udah ditempel, sampe di kantorpos langsung dikasih petugasnya, trus langsung ngacir. Jd klpun kurang aku ga tau juga, petugasnya juga ga pernah komplain, apalagi kalau pas ngeposin nitip sama mas ojek langganan, tahu beres aja, hehe…
    Nanien sering kirim surat (penpal-an) ke luar negeri juga? :)

    • nanien mengatakan:

      seru banget sih bisa nitip sama ojek :D
      Wah bangkrut ya kalo tiap kartu pos harus 10rebu prangkonya. Untunglah gw nanya sama petugas di kampus yang megang daftar prangko dari kantor pusat yang murah seperti harga asli. Iya, masih penpal sama beberapa orang, dari Jepang, Jerman, dan Kanada. Kebanyakan penpal gak kuat, komitmen soalnya hehehe.

  11. Ade Rian Hidayat mengatakan:

    Wah berarti aku di boongin nih sama petugas pos, masa aku mau kirim surat ke Taiwan aja tarifnya 25.000… -_-

    • nanien mengatakan:

      wah kacauu itu petugas. antara dia gak tau atau boong. kecuali kalau kamu beneran naro prangko 25rebu dan tempelin sendiri, brati dia ga tau.

      • Ade Rian Hidayat mengatakan:

        Petugas pos malah bilang kalo itu berdasarkan buku petunjuk, eh pas ditanya peraturannya yang tahun berapa, eh dia malah plenga-plengo gatau :D

      • hendro mengatakan:

        hahaha, gimana kalo kita bayarnya 25 ribu, tapi perangko yg ditempel cuma 6 ribu.
        Saya selalu mencatat tgl saya kirim surat, tapi tiba di tujuan kapan gak tahu – tapi saat terima surat dari LN saya catat tgl terima dan saya lihat juga tgl. stempel posnya. Rata2 dari USA 10-14 hari, dari Eropa sekitar 7-10 hari, dari Africa gak tentu karna ada yg cepat tapi ada yg lama banget.

  12. puji w mengatakan:

    halo, salam kenal :)
    saya hanya sekedar sharing aja dan terima kasih info tarifnya :)
    saya juga ikutan postcrossing hampir 2 tahun, nickname : cobaltbluehue
    iya saya juga sering dibilang petugas kantor pos, tarifnya lebih mahal dari di daftar, mungkin mereka mengejar omset ya :p …
    sebenarnya saya juga ingin minta daftar tarif saat dikantor pos pusat, tapi langsung males lihat ibu’ petugasnya nggak ramah dan pelit senyum, masih lebih ramah satpam bank :)
    saya nggak tau kapan petugas pelayanan umum ( negeri ) seramah petugas bank :)….
    saya biasa menempelkan perangko Rp 8000 ke semua tujuan ( main aman ) :)
    kalau tujuan ke china agak lama sampainya , menurut orang china sendiri ( saya baca di profilnya seseorang di postcrossing ) , lebih baik cantumkan juga alamatnya dalam versi bahasa china agar lebih cepat sampai :)
    saya juga pernah ngirim kartu pos ke taiwan nyampenya 3 bulanan, eh ternyata kata penerimanya ( dia diberitahu petugas pos sana ) kartu pos nya sempat tersesat di thailand :)

    • nanien mengatakan:

      wah saya di kantor pos pusat disambut baik-baik saja sih mas hehehehe. aaah bokek saya kalo pake 8 rebu aheeeeu~ di kantor pos pusat pasar baru itu sejauh ini baik2 saja sih dan ramah2. mungkin karena pusat ya..

      • puji w mengatakan:

        oiya, saya lupa nggak nyebutin kalo saya ini di Surabaya. :) dan kelihatannya beda mungkin ya daftar tarif di Jakarta sama disini. :) saya pernah sekilas melihat
        ( curi2 pandang ) daftar tarifnya petugas , di eropa 6500.

  13. Rusni Budiati mengatakan:

    Waduh Mbak… saya tadi sore malah jadi bete dan gak jadi kirim kartu pos ke Jepang, soalnya petugasnya bilang: semua harus pake surat register… yang harganya amit-amit…. Hhhh…. (saya di pangkalpinang, Pulau Bangka)

  14. Dhienar Salam mengatakan:

    gw ngirim surat ke India, ga tipis juga. biasanya ada kartu ucapan + surat + gambar bikinan tangan. beli perangko 20.000 yg 4.000 (jadi ada 5 buah perangko). kirim tanggal 4 desember nyampe tanggal 15 des

  15. [...] Gw juga main ke Kantor Pos Pusat untuk minta daftar tarifnya. Cuma lebih mahal 500 perak aja sih dan sejauh ini gw pake versi depok juga tetep nyampe. Tapi kalo penasaran sama tarif perangko versi kantor pos pusat silakan intip di sini. [...]

  16. Clara mengatakan:

    Untung di kasih tau:(Kemaren saya dipatok harga 15rb buat beli perangko ke Eropa. Hiks. Jadi beli yg 4rb aja kartu pos udah bisa nyampe ke negara2 Eropa?

  17. Cresentiana mengatakan:

    akhir-akhir ini kirim kartu pos dari kantor pos johar semarang kok ga nyampe2 yah? masa kirim ke thailand butuh 30hari dgn perangko modal 4000. nah kalo yg di eropa pake 5000 pun belum sampai1 tuh. bahkan udah 2 yang expired. aneh.

  18. amaliarosa24 mengatakan:

    Hallo semua..ternyata byk postcrosser ya di Indonesia hehe *bangga* Aku masih newbie nih, minggu lalu kirim postcard ke Eropa n Asia dari kantor pos besar Makassar, kena @10ribu, kata mbak2 petugasnya tarif keluar negri emg 10ribu pukul rata.

    Pas saya tny mana daftar tarifnya dianya gak bisa nunjukin cuma bilang emang segitu tarifnya. Yaudah drpd gak nyampe ke tujuan sy ikutinn mbak nya aja

    Tp sayang juga kalo ternyata dengan 5ribu-7,5ribuan udah bisa nyampe, kan kalo dikumpul2in bisa buwat kirim lebih banyak hehe. Btw, tarif postcard kluar negeri mmg beda2 tiap kota apa gimana ya? misalnya dari jakarta atau kota2 di jawa mmg lebih murah drpd kota2 di Sulawesi dan pulau lain?

    • nanien mengatakan:

      Kalo dari luar Jawa kayanya lebih mahal ya. Tapi coba aja eksperimen dulu kirim dengan prangko murah dari kantor pos yang bisa diakalin. Kalo emang sukses nyampe, lanjutkan! Cari kantor pos pusat aja terus minta daftarnya :)

  19. ratna agung amantofany mengatakan:

    kantor pos psat lapangan banteg jauh banget…tadinya aq biasa kirim surat ke kantor pos deket rumah sesuai tarif yang dikeluarin 2001,tp sejak kemarin katanya naik 10000 untuk semua pengiriman baik surat maupun kartu pos :( padahal sebelumnya ga ada masalahmto sejak mailbox ku kebanjiran surat dari direct swap sm snail mails,malah tarifnya dinaikkin, emang bener ya Nanien? i stay di Cilengsi,km tau ga kantor pos daerah cibubur atau cilengsi yang petugasnya bnr2 tau tarif?

    • nanien mengatakan:

      Masa sih? Saya belum sempat main ke kantor pos pusat untuk bertanya juga ga tau dimana kantor pos cileungsi dan cibubur. Mungkin googlr bisa bantu?

  20. Tegarzzz mengatakan:

    koreksi koment sebelumnya:
    tadi dari kantor pos katanya petugas, yang tarif kartu pos sama warkat pos sudah nggak berlaku, terus kalau di yogyakarta Asia Pacific pukul rata Rp 5000, lokal 1000, nasional 1500. Padahal waktu nanya petugasnya nunjukin tabelnya dan di tabelnya tarifnya masih sama yang di postingannya mbak nanin.

    • nanien mengatakan:

      Mungkin emang beda tarif sama jakarta. Soal tabel saya nggak punya wewenang apa-apa karena saya juga cuma copy paste sama milik kantor pos pusat lapangan banteng. Coba aja ke kantor pos di jogja yang lain siapa tahu ada yang cocok karena tarifnya jelas sesuai tabel hehe.

  21. ayuni mengatakan:

    hari ini coba kakak aku kirim surat ke aussie, beli prangko seharga 4500, cuek taruh aja,tp di tegur. ikutin kata mba, kakak ku bilang dah biasa n nyampe. Kata petugas dah ga bisa, Prangko harus 8ribu, Itu aja katanya 8 Ribu nyampenya 3minggu

  22. Lelitya mengatakan:

    kak, aku galau mau kirim surat ke Amerika dengan perangko berapa.. ka nanien snail mail juga ga? aku lihat daftar tarif yang ada di NienJu wordpress, disitu tulisannya 8000 cukup..
    trus tadi aku tlp kantor pos dia bilang pake perangko 25rb.. o.0
    menurut kak nanien aku pake yang berapa ya? karena mahal bangettt 25rb sekali kirim :'(

    • nanien mengatakan:

      Posisi dimana? Jakarta? Tempel aja 8rb, masukin langsung di box dlm kantor pos lapangan banteng jakpus yang ada label luar negeri. Tunggu max dua bulan. Buktiin sendiri nyampe apa gak. Kalo nyampe, nanti bs yakinkan petugas kalo itu bisa, kalo gagal ya ganti kantor pos lah. Atau timbang ke kantor pos pusat yang petugasnya ngerti dan tahu tarif yang benar. Kantor pos jatinegara dan wisma antara menerapkan tarif yang benar setau gw. Mungkin 25rb yang ekspres tercatat jadi lo bs mantau posisi surat. Kantor pos yang kecil kaya di wisma antara pun petugas nya punya daftar tarif yang benar kok

      • Lelitya mengatakan:

        di jakarta selatan ka..
        kalo di jakarta selatan kantor pos mana yah yang ada box label luar negerinya?
        kata petugasnya yang 25rb itu ga bisa di lacak ka karena itu yang paling murah, jadi gak ketauan sampe apa engga..
        ada yg jenis surat R LN hrg 30rb (gak pake perangko) bisa dilacak tp susah.. :(

      • nanien mengatakan:

        Entahlah, tanya mbah gugel mana kantor pos gede di jaksel. Kalo udah nemu petugas asik di atma ya kirim disana aja

      • Lelitya mengatakan:

        masalahnya petugas yang di Atma ini pas ditanya kirim surat ke luar negri di malah suruh bayar 328rb ka..*shock jantung*

      • nanien mengatakan:

        Jaksel ke kantor pos pusat lapangan banteng kan bisa naik baswe turun pasar baru. Kalo desperate bgt kesana aja.

      • Lelitya mengatakan:

        oke deh, sip makasih ya ka Nanien.. :)

    • Zora mengatakan:

      @Lelitya: Bulan lalu aku kirim surat pakai amplop coklat kecil kena 20rb katanya itu yg plg murah.. Kirim di kantor pos Ciputat, Tangsel :)

      • Lelitya mengatakan:

        @Zora wah itu beratnya berapa? Aku belakangan ini kirim surat pake perangko 10rb terus tp nyampe2 aja. Malah ada petugas yg bilang 10rb kebanyakan, 8rb cukup.

        Btw ka nanien, kalo kirim suart pake amplop coklat yg gede sama aja kan yah tarifnya? Aku mau kirim surat beratnya 100gr tp takut disuruh pake yg register :s

      • nanien mengatakan:

        kayaknya kalo enteng gpp. tinggal yakinkan petugasnya aja

  23. Lelitya mengatakan:

    Ka Nanien, aku kan lg snail mail nih.. Di dalem amplop surat boleh masukin coklat gt ga sih ka?

  24. pinkvsgrey mengatakan:

    permisi mau tanya kalo kirim ke jerman apa tarifnya masih kaya di postingan http://nanien.wordpress.com/eropa/
    apa di tahun ini tarifnya naik lagi? mksh

  25. jojo mengatakan:

    kak mau nanya,
    kalau mau ngirim kartu pos ke..asia, msalnya. nah itu beli prangko yang harga 3 ribu..cuman 1 buah aja? untuk 1 kartu pos..

    (maap, pemula dalam hal ini)

  26. fernandaksmw mengatakan:

    Halo mbak, aku baru join postcrossing nih ^^
    Mau tanya, kalo postcard nya kita masukkin ke bis surat masih bisa sampe gak ya? Apa harus ke petugas pos dulu?
    Makasih ya mbak atas infonya ^^

  27. Hikari_Ishida mengatakan:

    Kalau kirim pake perangko jaman beheula bisa g sh? Yaa kira2 keluaran 2005-2007 gt…
    Makasih :B

  28. Nurul Hardiyanti mengatakan:

    Maaf mba aku mau kirim surat ke Nashville amerika. Dan ini baru pertama kalinya jadi aku belum mengerti cara dan harganya. Aku search di google terus ketemu beberapa sumber tarifnya. Awalnya aku percaya sm harga ratusan ribu per surat. Karena kemahalan aku gak jadi kirim pas aku liat artikel mba aku mulai berniat lagi kirim kesana. Jadi aku harus beli perangko seharga 5000 terus ditempel disurat dan dimasukkan ke kotak orange besar yg ada di depan kantor pos? Lalu kalau aku menyelipkan beberapa barang di amplop itu harus sesuai beratnya? Jadi tarifnya gak harus ratusan ribu? Moho jawabannya:) Terima kasih

    • nanien mengatakan:

      baca tarif amerika di: http://nanien.wordpress.com/amerika/. Surat enggak mungkin ratusan ribu, belasan atau puluhan ribu bisa jadi. Saya enggak tahu tarif sudah naik atau belum karena banyak wacana enggak jelas, yang pasti kalau mau selipin terlalu banyak lebih baik pakai pos tercatat. Nanti petugas pos akan menimbang dan memberi tahu tarifnya, lebih mahal dari prangko tapi lebih aman karena sepertinya bisa dilacak. Kalau mau kirim barang berat sampai beberapa kilo ya sangat mungkin tarif jadi ratusan ribu. Lebih baik langsung berikan ke petugas biar pasti. Lebih baik juga ke kantor pos besar seperti Pasar Baru Lapangan Banteng, di dalam kantor pos itu ada kotak transparan dengan label : jakarta pusat, timur, barat, luar negeri, yang pasti akan diambil petugasnya. Itu beda sama bis surat di pinggir jalan yang saya gak tahu apakah itu diambil isinya sama petugas apa enggak. Kalau tinggal di Jakarta, saran saya bawa aja surat beserta isinya dan barang2 lain ke petugas kantor pos besar Lapangan Banteng atau kantor pos lain seperti Jatinegara. Petugasnya lebih mengerti di kantor pos besar. Nanti ditimbang sama mereka dan ditentukan tarifnya. Bisa dilihat di website kantor pos sepertinya ada penjelasan tentang layanan pos tercatat

  29. Ani Dasadim mengatakan:

    Ternyata masih banyak yang berminat berkirim surat yah? walau kemajuan jaman sudah begini pesat……salut yang mau mempertahankan budaya berkirim surat, memang mengasyikan lho… :) salam kenal dari kami Klub Filateli Al-Izhar. kalau filatelis senangnya justru waktu menunggu surat datang :) tak masalah cepat atau lambat. yang penting surat datang selamat dalam keadaan baik, tidak rusak. seru yah? mari kenalan dengan kami. Klub filateli Al-Izhar, Pondok Labu Jakarta Selatan, silahkan buka fi FB….. terima kasih. salam filatelis :)

  30. aprilyapril(アプリリヤ) mengatakan:

    saya mau tanya kalau ngirim postcard sekarang, ke asia eropa amerika sekisaran berapa ya?

  31. Saraswati mengatakan:

    kak, nanya dong, kalau kirim ke amerika atau inggris kira2 sampainya berapa lama kak? Oiya, sering pengalaman ga sampe suratnya ga kak?

    ada gak sih kak di Pos Indonesia layanan untuk International Reply Coupon gitu? jadi kita beliin perangko buat yg kita kirim kalo dia mau bales gitu…

    Baru nih kak, mau mulai coba2 hehe.. makasih banyak kak :)

    • nanien mengatakan:

      Dua minggu sampe sebulan kali ya. Sebelum lebaran ga ada masalah, tapi sejak lebaran surat gw ke Jakarta aja ga nyampe jadi vakum berkirim surat sampai sekarang. Semoga udah bener lagi pos Indonesia. Yang coupon itu gw malah belum pernah dengar. Coba tanya ke kantor pos aja.

      • Saraswati mengatakan:

        ooh gitu ya kak.. kenapa bisa gitu deh, jd ragu mau ngirim hehe…

        kalo yang kupon itu aku baca postingan org luar sih, jd dia biasanya nyertain kupon itu :)

        okee makasih banyak ya kak!! :D

      • nanien mengatakan:

        Semoga aja udah bener karena dua tahun belum pernah ada kejadian kacau kaya pas lebaran. Mungkin temporer aja hehehe

  32. Pengirim mengatakan:

    Minta masukan dari teman2 semuanya. Selama ini saya sering kirim paket Indonesia-USA seberat 250gr-500gr sudah puluhan lebih. Amplop saya buat sendiri pake karton tebal. Karena pengalaman, klw pake amplop standard, sampe ketujuan, amplopnya robek2. Selama ini paket2 saya sampe2 aja ke tujuan sekitar 2-6 minggu. Saya kirim paket tersebut dengan perangko 10rb. Baru2 ini saya mau kirim lagi, tapi di tolak sama kantor pos, katanya perangko kurang disuruh nambah sampe lebih 100rb. Saya jelasin kalau selama ini saya sering kirim, bahkan lebih berat dan sampe2 aja. Tapi tetap di tolak. Apakah menurut teman2 saya masih bisa komplain ttg masalah ini, mungkin komplain ke kantor pos pusat jakarta? Bagaimana tanggapan teman2? Terima kasih masukannya.

  33. […] udah ada tulisan salah satu PC-ers yang membahas soal tarif perangko buat kirim-kiriman kartu pos; di sini ama yang terbaru buat tahun 2013 di sini. Nah, berhubung tadi saya baru main-main ke kantor pos […]

  34. vicky mengatakan:

    Kak, terima kasih buat info nya. Aku mlh jd ketagihan kirim kartu pos ke teman2 ku.
    Kak, mw nanya klw pake amplop, apa ada ukuran khusus buat amplop?
    Soalnya petugas kantor pos ku ngak ramah sama sekali :(
    Thank you :))))

Berikan Balasan

