Amerika

TARIF KARTU POS, WARKAT POS, DAN SURAT UDARA LUAR NEGERI AMERIKA

No KelompokNegara Kartu pos Warkat pos

Tingkat berat (Gram)/ Rp (PAKAI AMPLOP)

s/d 20 gr >20 gr s/d 50 gr >50 gr s/d100 gr >100 gr s/d250 gr >250 gr s/d500 gr >500gr s/d1000 gr >1000 gr s/d2000 gr
A

AMERIKA

Kelompok I
1 USA

3.500

6.000

8.000

18.000

33.000

70.000

120.000

210.000

330.000

2 Bahama
3 Mexico
Kelompok II
1 Antigua

3.500

5.000

8.000

15.000

37.000

85.000

130.000

240.000

370.000

2 Barbados
3 Barbuda
4 Belize
5 Bermuda
6 Costa Rica
7 Cuba
8 Dominica
9 El Salvador
10 Equador
11 Grenada
12 Guatesala
13 Guyana
14 Haiti
15 Honduras
16 Jamaika
17 Kanada
18 Kolombia
Kelompok III
1 Argentina 3.500 5.000 8.000 15.000 37.000 85.000 130.000 240.000 370.000
2 Bolivia
3 Brazil
4 Chili
5 Paraguay
6 Peru
7 Uruguai

beberapa catatan:

  • Apa sih warkat pos? Menurut bung Hendro di komen ini:

 Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

Sepakat? Gue juga belom pernah liat jadi jangan tanya sama sayah.

  • Perangko buat surat yang bagian mana?

Kalo suratnya cuma berisi beberapa kertas enteng, ya berarti kategori 20 gram. Kalo nulis suratnya sama kaya nulis skripsi, ya berarti lebih dari 20 gram. Kalo gak yakin, timbang aja suratnya. 

Gw suka menimbang surat pake timbangan buat bikin kue kalo nyelipin sesuatu yang agak berat kaya suvenir gantungan kunci yang bisa dimasukin ke amplop.

Kalo lebih gak yakin lagi, serahkan perhitungan perangko pada petugas pos di kantor pos besar. Kalo di kantor pos cabang yang gedenya cuma warung kadang suka bingung kalo gw ngasih surat ke luar negeri. Antrilah di loket, beri suratnya, bilang mau kirim kemana, apakah paket kilat atau biasa. Nanti petugas akan menimbang dan menentukan harga kirim (bisa perangko atau kilat. Kalo kilat gak pake perangko).

Sudah memasang prangko sesuai tarif di atas tapi disuruh pasang yang lebih mahal oleh petugas? BACA DULU DI SINI.

32 thoughts on “Amerika

  1. Hendro mengatakan:

    Mbak Nanien,
    Ada tarip pos yg saya cari tapi belum ketemu di daftar, yaitu Venezuela, Canary Island, dan Wales.
    Venezuela apa mungkin sama aja dg amerika lainnya, Canary Isl di afrika dekat Morocco dan Wales disamain aja dg Inggris.

    Thanks

    • nanien mengatakan:

      Halo mas Hendro,
      saya cuma menulis ulang daftar dari kantor pos (yang kayaknya rada jadul jadi mungkin ada negara2 yang belum masuk). Mungkin biar aman ya disamain aja tarifnya kali ya. Toh Venezuela sama2 Amerika dan semua negara di Amerika tarifnya seragam. Yang beda kan cuma Asia Pasifik aja, sepertinya sih (mudah2an) akan sampai kok dengan tarif yang sama. Mari berdoa :D

      • Hallo masHendro,
        Mau nyambung aja tentang Canary Islands. Setau saya Cnary Islands mau wilayang Spanyol. Dianya ini macam daerah otonom. Hubungan antara Canary Islands-Spanyol bisa disamakan dengan hubungan Åland Islands-Finland. Jadi saya rasa tarifnya sama dengan ngirim ke Spanyol. Smoga infonya membantu.. :)

  2. Hendro mengatakan:

    Ya padahal kalo Venezuela & Canary Islands udah lama ada, malah Bosnia cs sudah ada khan.
    Thanks daftar ini sangat membantu saya yg juga sering tukeran kartu ke LN tapi kartunya beda – QSL Card.

  3. Ady Immanuel mengatakan:

    @yosephvera QSL card itu sejenis kartu pos untuk para amatir radio. Fungsinya sebagai tanda mereka telah melakukan komunikasi via udara.

    Btw, untuk mbak Nanien, makasih buat infonya. Googling tentang tarif pos, cuma blog ini yang infonya paling oke.

    Salam,

    Ady.

  4. ian mengatakan:

    mbak nannien… ini pake perangko biasa yang dipake kirim surat jaman duu itu yak…? jadi tinggal beli perangko aja kan ya…? terus ditempel

  5. yunnindra mengatakan:

    kak, warkat pos itu apa? terus berdasarkan gramnya itu kayak gimana?

  6. hendro mengatakan:

    Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

  7. mba, mau tanya…
    kalau paket dikirim lewat pos domestik/international (setelah beratnya disesuaikan), bisa hanya dengan perangko saja? Apakah harus dimasukkan ke dalam amplop? atau boleh dikemas seperti paket biasa?

    • nanien mengatakan:

      So far saya selalu pake amplop kalo yang berperangko. Paket besar biasanya saya langsung timbang dan bayar disana (non perangko). Untuk informasi lebih akurat lebih baik tanya ke kantor pos ya… Saya bukan petugas kantor pos jadi gak tau juga -_-;

  8. hendro mengatakan:

    Mbak Tiara,
    Iya Canary Island = milik spanyol tapi seperti juga Ceuta & Melilla tiga daerah ini ternyata ada di Afrika. Sebenarnya kalau mau perangko yg murah masuk ke Africa ya..? Sampai dg 20 gr=Rp 5.500,-, tapi buat amannya anggap seperti negara induknya aja ya = spanyol = Rp 7.500,-. Asal jangan sering2, bisa bangkrut… xixixi. Thanks.

  9. mba, kalo mau ngirim gambar di kertas segede folio gimana mba?
    thx before

  10. Zaenal Fahmi mengatakan:

    Mbak itu semua dikirim dari seluruh wilayah di Indonesia sama?
    Misal ngirim dari Papua, Jakarta, dll juga harganya sama segitu?
    Apa itu berlaku cuma Jakarta?

    • nanien mengatakan:

      Jakarta sudah pasti harga beda sama Papua. Mungkin, mungkin lho ya, daerah sekitar Jakarta seperti debotabek juga bisa. Saya kirim dari depok dan bogor tidak masalah.

      • Zaenal Fahmi mengatakan:

        Aku ini dari wilayah Kudus Jateng, pernah ngirim ke AUS sampai Rp. 28.000 ga perangko, nyampe juga semingguan lebih. Terus kalo pake perangko sama Jakarta ga? :(( Atau kira2 berapa?

      • nanien mengatakan:

        Gak perangko berarti tercatat, bisa dilacak, lebih cepat. Pakai prangko (mungkin 5000) bisa berminggu minggu atau sebulan lebih dan ada kemungkinan hilang tanpa bisa dilacak. Ada plus minus. Saya belum pernah kirim tanpa prangko karena lebih mahal

  11. Rara mengatakan:

    itu harganya masih sama nggak sampe sekarang ?? Dari dulu pengen nyoba post crossing baru bisa sekarang makasih ^^

  12. devi mengatakan:

    eh mbak klo tarif prangko itu harus surat doang ya? boleh barang-barang kaya gantungan kunci, pensil, atau baju ga ya? makasih mbak…

  13. devi mengatakan:

    hehehe..iya juga sih ya…
    ada update harga 2013 ga mbak? di web posindonesia ga ada.

  14. nanien mengatakan:

    Timbang aja suratnya. Sesuaikan dg tarif di tabel, itu juga kalau tarif lama masih berlaku. Saya belum cek skrg tarif udah naik apa belum krn sebagian teman bilang iya. Kalau mau yg lebih mahal tapi nasibnya jelas pakai pos tercatat. Kasih suratnya ke petugas nanti dia timbang dan berikan tarif yang sesuai dengan berat. Sy belum pernah kirim srat pakai tiki

  15. marcellius mengatakan:

    Mbak Nanien, mau tny nih, kira2 kalo kirim kartu pos ke amrik sama eropa itu berapa lama ya nyampenya? 2 minggu? atau 3 minggu?

    thank you :)

    • nanien mengatakan:

      hanya Tuhan dan tukang pos yang tahu :) tapi sekitar itu atau sampai sebulan, or more, or less. Misterius memang, itu seninya pos, kan?

      • hendro mengatakan:

        Kalo dari Indonesia ke LN agak sulit tahunya – tapi dari beberapa surat yg saya terima dari AS rata2 sekitar 2 minggu, ini dilihat dari tgl stempel pos disana dan tgl saya terima di rumah. Yg terakhir saya terima dari AS tgl.23 Nov.2013, stempel pos tgl. 04 Nov.2013. Sayang sekarang pos disana menggunakan perangko bulat Global Forever, gak bervariasi.

      • marcellius mengatakan:

        thanks :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: