Arsip Kategori: Daftar Tarif Perangko

Daftar Tarif Pos

Mau kirim kartu pos ke negara Mauritius, berapa ya perangkonya?

Surat gw berat banget banget karena isinya puluhan lembar. Butuh berapa perangko ya biar nyampe Maroko?

Dari pengalaman mengirim kartu pos dari berbagai tempat, tidak semua petugas familier dengan tarif pos. Untuk beberapa saat, gw luntang-lantung. Awalnya gw hanya mengandalkan perkataan abang-abang Warpostel FISIP UI.

Asia 3 rebu.

Eropa 4 rebu.

Amerika 5 rebu.

Tapi menurut kantor pos Pinang Ranti, semua perangko ke luar negeri 10rb. Kemana pun. Berapapun beratnya. Loh kok?

Jiwa jurnalis gw tergerak (prikitiww) untuk cek dan ricek. Harus pastikan fakta ke sumbernya langsung. Solusinya, gw langsung meminta daftar tarif dari kantor pos pusat. Problem solved!!

Silakan cek berapa perangko yang dibutuhkan untuk kirim kartu pos/surat ke daerah Indonesia, Asia Pasifik, Afrika, Amerika, dan Eropa di link masing-masing.

Banyak yang bilang kalo petugas ngasih tarif beda-beda. Maka dari itu, kalo gw sih menganut paham: tempel perangko sendiri dari rumah (dengan tarif yang benar), jadi saat ke kantor pos kita langsung naro surat/kartu pos. Biasanya kalo kita langsung ngasih petugasnya gak banyak omong. Kalopun ngomong ini perangkonya kurang, bilang aja kalau ini tarif dari pusat. Dan selama ini kartu pos dan surat yang gw kirim nyampe aja kok. Jadi, gw selalu nyimpen stok perangko yang banyak (bisa beli di Kantor Filateli). Pas lagi keabisan perangko ya terpaksa harus beli on the spot sih. Kadang petugas langsung interogasi kita mau ngirim kemana, gw sih langsung minta aja mau perangko berapa, gak bilang negara apa.  Begitu deh, tips agar gak kecolongan ngirim pake perangko terlalu mahal ya sepertinya memang harus tempel perangko sendiri. Kalo ada waktu, sempetin deh main ke Kantor Filateli. Ragam perangko yang bisa dibeli di Kantor Filateli tentu jauh lebih banyak daripada kantor pos. Berarti kan kita bisa ngirim perangko yang lebih lucu-lucu juga~

Okeee? Jadi saat ditanya mau kirim kemana? Lebih baik langsung bilang, saya beli perangko 3500 tiga buah. Kalo petugas protes, bilang aja ini saya ngikutin daftar kantor pos pusat. Mudah-mudahan dapet petugas yang baik dan gak rese ya. Soalnya temen gw pernah dimarah-marahin petugas kantor pos Tangerang karena membantah anggapan bahwa kirim kartu pos ke luar negeri itu dipukul rata perangkonya seharga sepuluh ribu rupiah. Yah, lagi apes, ganti kantor pos deh :(

ps: Tarif ini diberlakukan mulai tahun 2002. Gw hanya mengetik ulang daftar yang ada di kantor pos pusat. Kalau ada kesalahan nama negara, kemungkinan besar itu eror dari Kantor Posnya :D

beberapa catatan:

  • Apa sih warkat pos? Menurut bung Hendro di komen ini:

 Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

Sepakat? Gue juga belom pernah liat jadi jangan tanya sama sayah.

  • Perangko buat surat yang bagian mana?

Kalo suratnya cuma berisi beberapa kertas enteng, ya berarti kategori 20 gram. Kalo nulis suratnya sama kaya nulis skripsi, ya berarti lebih dari 20 gram. Kalo gak yakin, timbang aja suratnya. 

Gw suka menimbang surat pake timbangan buat bikin kue kalo nyelipin sesuatu yang agak berat kaya suvenir gantungan kunci yang bisa dimasukin ke amplop.

Kalo lebih gak yakin lagi, serahkan perhitungan perangko pada petugas pos di kantor pos besar. Kalo di kantor pos cabang yang gedenya cuma warung kadang suka bingung kalo gw ngasih surat ke luar negeri. Antrilah di loket, beri suratnya, bilang mau kirim kemana, apakah paket kilat atau biasa. Nanti petugas akan menimbang dan menentukan harga kirim (bisa perangko atau kilat. Kalo kilat gak pake perangko).

 

Last but not least, gw bukan petugas pos. Jadi kalo emang mau nanya lebih lanjut coba sempatkan ke kantor pos besar (kalo perlu pusat) dan tanya langsung sama yang berwenang ya :D

 

Kata kata terkait, , , , , , ,