Eropa

TARIF KARTU POS, WARKAT POS, DAN SURAT UDARA LUAR NEGERI EROPA

No KelompokNegara Kartu pos Warkat pos

Tingkat berat (Gram)/ Rp (PAKAI AMPLOP)

s/d 20 gr >20 gr s/d 50 gr >50 gr s/d100 gr >100 gr s/d250 gr >250 gr s/d500 gr >500gr s/d1000 gr >1000 gr s/d2000 gr
A

EROPA

1 Albania

4.500

5.000

7.500

15.000

25.000

60.000

90.000

170.000

250.000

2 Armenia
3 Austria
4 Azerbaijan
5 Belanda
6 Belarus
7 Belgia
8 Bosnia
9 Herzegovina
10 Bulgaria
11 Ceko
12 Cyprus
13 Denmark
14 Estonia
15 Finlandia
16 Hungaria
17 Inggris
18 Irlandia
19 Italia
20 Jerman
21 Kazakhstan
22 Kroasia
23 Kyrgistan
24 Latvia
25 Lithuania
26 Malta
27 Moldovia
28 Monaco
29 Norwegia
30 Perancis
31 Polandia
32 Portugal
33 Rumania
34 Rusia
35 Slovakia
36 Slovania
37 Spanyol
38 Swedia
39 Swiss
40 Tajikistan
41 Turkmenistan
42 Ukraina
43 Uzbekistan
44 Vatikan
45 Yugoslavia
46 Yunani

beberapa catatan:

Apa sih warkat pos? Menurut bung Hendro di salah satu komen di blog ini:
Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

Sepakat? Gue juga belom pernah liat jadi jangan tanya sama sayah.

Perangko buat surat yang bagian mana?
Kalo suratnya cuma berisi beberapa kertas enteng, ya berarti kategori 20 gram. Kalo nulis suratnya sama kaya nulis skripsi, ya berarti lebih dari 20 gram. Kalo gak yakin, timbang aja suratnya.

Gw suka menimbang surat pake timbangan buat bikin kue kalo nyelipin sesuatu yang agak berat kaya suvenir gantungan kunci yang bisa dimasukin ke amplop.

Kalo lebih gak yakin lagi, serahkan perhitungan perangko pada petugas pos di kantor pos besar. Kalo di kantor pos cabang yang gedenya cuma warung kadang suka bingung kalo gw ngasih surat ke luar negeri. Antrilah di loket, beri suratnya, bilang mau kirim kemana, apakah paket kilat atau biasa. Nanti petugas akan menimbang dan menentukan harga kirim (bisa perangko atau kilat. Kalo kilat gak pake perangko).

Sudah memasang prangko sesuai tarif di atas tapi disuruh pasang yang lebih mahal oleh petugas?Β BACA DULU DI SINI.

124 thoughts on “Eropa

  1. ndutyke berkata:

    Eh ternyata murah ya ngirimnya, perangko ga sampe 5 rebu. Beneran itu segitu doang? Ada ongkos tambahan gak?

    • nanien berkata:

      beneran! kalo pake amplop lebih mahal. abis itu tergantung nasib, bisa nyampe sebulan or lebih cepet. enakan langsung ke kantor pos besar biar lebih cepet. kaga ada ongkos tambahan apa-apa kok πŸ˜€

  2. fahri berkata:

    Halo nanien. Bisa ngobrol ga? mau tanya2 tentang ngirim pos ke luar negeri. Soalnya mau ngirim ke luar, tapi ga ngerti teknis dan harganya.
    Thanks πŸ™‚
    Fahri

  3. magda berkata:

    saya tanya pd org di kantor pos kota tua, dan katanya tarif u/ ke Amerika& Eropa itu 7rb dan Asia 4 rbu..
    Memang kalau kirim dari kantor cabang dan dari pusat itu beda ya tarif nya?
    thx

    • nanien berkata:

      harusnya sih tarifnya sama ya, cuma sepertinya belum ada penyeragaman/sosialisasi tentang tarif yang ideal. Mungkin petugas di kantor pos kota tua tidak tahu berapa tepatnya, makanya disuruh kasih perangko lebih banyak, khawatir tak akan sampai. Sampai saat ini saya mengirim dengan perangko yang sesuai dengan tarif yang saya tulis di blog, selalu sampai kok πŸ™‚
      Mungkin lain kali jangan di kantor pos itu, ke kantor pos pusat saja, atau tak usah tanya, langsung saja titipkan.
      Selamat mencoba!

    • LINZ berkata:

      di boongin tuh!!! kl kartu pos ke amrik itu cuman 3500, en eropa itu 4000rebu.

      kl surat di bawah 20gram ke amrik 8rebu, eropa 7500

      kl antara 20-50grams amrik 18rebu en eropa 15rebu.

      jgn suka percaya ama oknum. tiap area atau daerah2 di luar kota suka di beda2in, sisanya masuk kantong. udah byk korban.

      tp kl gak di ksh seneng dikit, di lebih duit, tar mrk gak seneng, surat/kartu kita yg di buang. hadeeehhhh

      • nanien berkata:

        hmm. makanya kalo gw uda nempelin perangko sendiri dari rumah, tinggal nitip doang ga pake ba bi bu. Untunglah gak ada kejadian surat atau kartu yang dibuang karena semuanya nyampe-nyampe aja.

  4. Salam kenal…
    Makasih banget untuk infonya. Sangat dibutuhkan karena saya suka kirim cover ke LN. Terakhir kali saya kirim ke Norwe dari Kantor Pos Besar Jogja saya dikenai 8rb. Sebenernya gak masalah dengan 8rb ini tapi yang mengagetkan adalah kartu pos saya nyampe setelah 1,5 bulan. Apa ada ide gimana caranya biar nyampe lebih cepet?? Yg kilat gitu ada gak ya?

    Makasih…

    • nanien berkata:

      Senang kalau bisa membantu πŸ™‚
      Hmm mungkin tergantung kantor posnya juga ya. Saya kirim dari kantor pos kecil dekat rumah nyampenya lama banget walau ke Jakarta juga. So far rekor tercepat Eropa itu seminggu ke Belanda sih. Tapi itu juga miracle karena kadang malah biasa nyampepuluhan hari dengan perangko yang sama.

      Waktu itu sih saya kebetulan iseng mengirimkan surat dan kartu pos di kantor pos pusat Jakarta di hari Sabtu. Luar biasa banget ke Belanda hanya tujuh hari (biasanya puluhan atau belasan hari) sedangkan ke daerah Jakarta hanya dua hari ( biasanya seminggu) . Saya jadi mikir jangan2 di kantor pos pusat Jakarta surat kita biasa terkirim lebih cepat kali barunya di hari Sabtu. Selain itu ketika mengirim di hari lain, waktu nyampe ternyata lebih lama. Tapi itu masih hipotesis saya aja sih… Entahlah itu kebetulan atau memang efektif kali hari Sabtu.

      Coba aja tanya ke petugas di kantor pos Jogja kira kira berapa lama sih kirim ke luar negeri. Yaa curhat colongan boleh lab ya siapa tau bisa dapat info menarik biar surat kita sampai lebih cepat.

      • Tiga hari yang lalu aku ngirim kartu pos ke Austria dari sebuah kantor pos deket kampus. Hmmm… mari kita liat, akan nyampe dalam waktu brapa lama dia ni.. *berharap cepet karena itu kartu ucapan taun baru… @_@

      • nanien berkata:

        mari berdoa biar cepet sampe. kalo lelet ya mungkin karena banyak yang ngirim kartu taun baru? ato masih hectic sisa2 natal? hihihi.

      • LINZ berkata:

        biasanya gw kl kirim ke belanda cuman 3 hari malah, termasuk scandinavia, mau surat atau pun kartu pos. malah pernah ke belanda cuman 2 hari. sarap dah!!

  5. edwin berkata:

    mas bagaimana caranya bergabung di dunia filateli, saya pengen banget kirim kartu pos ke bergagai negara

  6. ardiary berkata:

    salam kenal,
    mau nanya dong gmn caranya biar bisa kirim gt ga kerja padahal udh bikin akun di postcrossing

  7. Jessica Xu berkata:

    Halo Nanien, mau tanya soal format alamat buat Postcrossing hehe. Cukup nama, alamat lengkap, kota, sama negara kan? Kode pos sama RT/RW perlu juga ga? Thanks before.

  8. Retnohawl berkata:

    Haii Nanien, saya mau tanya berapa biaya mengirim postcard dari Solo ke Belgia?
    Apakah biaya mengirim postcard ke seluruh negara di Eropa sama semua (4500) ?

    • nanien berkata:

      Dari daftar yang saya dapat sih semua 4500. Kalau ragu mungkin bisa berkunjung ke kantor pos besar di Solo dan minta list tarif perangko, siapa tahu ada daftar khusus tarif dari Solo-semua daerah/negara.

  9. LINZ berkata:

    gw kirim ke postcards eropa cuman 4000 rp kok, amerika 3500 rp, negara asean 2500rp, di luar asean 3000.

    gw korespondensi ama org luar dr thn 1990. dr dulu harganya gak beda jauh lah. pas thn 2000 gt harganya jg msh sama tuh kyk kolom di atas sampe skrg. hehehee

    • nanien berkata:

      Sebelom dapet list gw juga ngirim dengan perangko sesuka hati, malah sering lebih murah dari yang seharusnya dan tetep nyampe juga sih πŸ˜€

      • Indah berkata:

        Gua besok mau ngirim postcard ke Amrik pake amplop, cuman ditempelin perangko 5 ribu ajaa, doain nyampe yaa, ahahahahaha :))

        *ngga rela juga kalo musti nempel 8 ribu :p*

  10. LINZ berkata:

    gw ngirim postcards segini kok harganya dr dulu

    eropa cuman 4000 rp kok, amerika 3500 rp, negara asean 2500rp, di luar asean 3000.

  11. LINZ berkata:

    jgn percaya ama org2 di pos, byk oknum. yg bener itu

    eropa cuman 4000 rp kok, amerika 3500 rp, negara asean 2500rp, di luar asean 3000.

    gw kirim dr kantor pos lapangan banteng.

    kdang mrk suka nilep. misalnya kl kirim byk, harganya totalnya 94rebu, mrk suka blg ke kita 102.000, atau 112.000

    tergantung tuh org mo nilep brapa lah.

  12. Thena berkata:

    permisi kak, mau tanya. ini data terbaru kan? maksudnya, masih berlaku untuk tahun ini kan? makasih sebelumnya πŸ™‚

  13. dhenis berkata:

    halo kak! tanya ya, tarif ngirim kartu pos ke luar negeri itu mahal gak siih? aku liat di daftar kakak lumayan terjangkau, sedangkan teman saya bilang tarifnya samapi jutaan. jadi galau -___-

  14. dhenis berkata:

    nah itu, dia katanya temennya juga. sampai debat aku sama dianya.
    hmm.. ook makasih ya kak, kalo gini kan jadi clear soalnya bener sumbernya.. πŸ™‚

    • nanien berkata:

      ajak aja temennya ke bagian informasi kantor pos. saya dapet di informasi kantor pos lapangan banteng, jakpus. di situ ada buku tebel isinya berbagai tarif. gak tau sih kantor pos yang laen punya apa gak, kalo emang mau mastiin lebih silakan cek langsung ke kantor pos πŸ™‚

  15. rezkianiss berkata:

    nanien!!! aku kan kemarin baru daftar postcrossing, trus pas mau ngirim surat itu bingung, kan di postingan kamu katanya ngirim ke luar negeri anggep aja prangkonya 4500, trus kalo udah dikasih prangko 4500 itu, kan dikirim ke kantor pos, masih kena biaya nggak sih? sumpah aku nggak ngerti :(. kalo bisa aku minta fb atau twitter kamu nggak? biar bisa nanya-nanya, itu kalo kamu nggak repot :D.

  16. Lucky berkata:

    kalo amplopnya dari kantor pos ada juga kan?
    aku mau pengiriman cepat, express misalkan ada itu bisa ga?

  17. Akiyama Kaira berkata:

    Salam kenal~
    Barusan aku kirim ke Rusia lewat Kantor pos pusat di Tegal kok 20rb ya?
    Pas kukasih tau tarif dr sini yg cuma empat ribuan dibilang gak ada tarif segitu.
    gimana nih? =.=a

    • nanien berkata:

      mahal banget! menurut saya, mungkin petugasnya memang tidak tahu daftar harga jadinya ditembak aja jadi 20ribu 😦
      coba aja tanyain daftar tarif perangko dari Tegal (aneh banget kalau mereka gak punya) kalo perlu datengin ke petingginya. Atau coba kirim dari tempat lain.

  18. Akiyama Kaira berkata:

    hoho iya ^^; Kalo kirim pake prangko pake yg 2500 yg biasa buat surat ke luar kota bisa gak? Yg harga 4000 gmna?
    Maaf nih nanya trs, masih newbie ^^

  19. weny berkata:

    mau tanya,klo postcrossing,biasaya ka nanien pake amplop ga?
    klo ga pake amplop,nulis alamat yg kita tuju di bagian blakang postcardnya yah?
    trus beli prangko dmn?

  20. Gordon berkata:

    Baru sekarang baca blog ini.
    Baru-baru ini temen saya dari Polandia berkunjung ke tempat saya dan dia mau ngirim kartu pos ke temen2nya di negara eropa. Saat itu saya tanya ke petugas berapa perangko yang dibutuhin dan mereka bilang 15.000 / postcard. Jadi dia ngirim 6 postcard (Hanya postcard dengan tulisan tangan) total 90 ribu. Dia sempet bilang kok mahal banget? Dan saya percaya aja. Setelah baca blog ini, saya kesal sendiri.
    Bagi temen2, hati2 yah yang mau ngirim kartu pos di KANTOR POS CIMANGGIS, DEPOK yang di Jalan Gas alam. Kejadian serupa bisa terulang ke temen2 semua

    • nanien berkata:

      kalau emang langsung ditempelin prangko harga serupa kemungkinan si petugasnya sotoy karena gak tau harga. mudah2an bukan karena ditipu ya, insya Allah cepet kok kalo 15rebu πŸ˜€

    • dinia berkata:

      aku baru aja ngirim barusan. emang super mahal di situ.. nyesel deh 😦 kata temenku di UI lebih murah (perpus, fisip) paling 7ribuan ke eropa. ga lagi lagi deh di kantor pos cimanggis gas alam. padahal itu yang paling deket sama rumah hehe

      • nanien berkata:

        di fisip ui saya pakai tarif persis di atas. abang penjaganya cerdas dan ngerti tarif kok. mereka yang pertama kali ngasitau saya ancer2 tarif sesuai peraturan pos. asia 2500, amrik 3500, eropa 4500

  21. selama ini ngirim kartupos ke eropa selalu pake prangko 6500. kebanyakan yak… πŸ˜€
    terima kasih infonya, mbak πŸ™‚

  22. kartuposdian berkata:

    heehehe.. tadi hbs dr kantor pos beli perangko.. ada segerombolan bule ngirim setumpuk postcard… ditembak sebiji 7500 kasian banget… bener2 nyesek..mau ngasi tau mreka tp g enak ma pegawai kantr pos nya… fiuuhh…

    kalo qta nrima postcard dr luar tuh kan ada stempel airmail dkk… nah itu kalo postcard keluar dr indo juga ada bgituannya…? itu yg ngecap qta ndiri apa dr pos sh..?

    ada yang pernah ngirim paket souvenir kaya kaos mand mug gt gak dsini? pake prangko keluar negri?

    • nanien berkata:

      dari pos dong cap kaya gitu. coba kalau mau enak diskusi silakan main ke komunitas postcrossing indonesia di fb, search aja. di sini cuma buat komen, bukan ajang diskusi soalnya *lirik sana sini sepi*

      • Rookieonen berkata:

        Mbak Nanien dan teman-teman,
        saya mau nanya dong.
        Newbie nih di postcrossing. πŸ˜€

        Saya sih di sini, Lampung, lebih terganjal tdk adanya kartu pos (bisa diatasi dgn buat sendiri :p). Bahkan di kantor pos pusat. Saya jg udah keliling toko buku di kota ini, gak ada yang jual kartu pos. Hua!!! 😦

        Terus minggu lalu saya sdh siap mau kirim kartu pos ke Canada. Masa paling murah katanya 30rb kl pake perangko. Itu bisa sebulan lebih.
        Kalo mau cepet alias lima hari, biayanya 200rb (EMS). Weks! x_X
        Saya tanya, kok mahal, katanya karena mampir ke Jakarta dulu agak lama. *makin sedih 😦

        Nah, saya bingung jadinya, krn tmn-tmn postcrossing sering blg (terutama yg di Jakarta), ngirimnya murah kok.

        Adakah teman di sini yang anggota postcrossing asal Lampung juga?

        Terima kasih. πŸ™‚

      • nanien berkata:

        halooo.. ini bukan forum πŸ™‚ coba tanya di komunitas postcrossing indonesia di facebook ya, semoga bisa membantu.

  23. Marcell berkata:

    halo nanien, saya mau tny donk πŸ™‚

    Saya kan mau kirim surat ke eropa and amerika selatan, trus dalamnya itu ada fotonya, nah, itu gmn byrnya? mksdnya taro prangkonya yang hrgnya brp>? trus butuh amplop khusus ga? soalnya tadi baru ke kartu pos dan diboongin 😦 hix, suru byr 10.000 buat kartu pos doank… cape dehhh….

  24. tiasani berkata:

    akhirnya nemu juga blog tentang kartu pos. thanks, ya mbak! aku di Bandung dan udah puyeng nyariin tempat beli kartu pos murmer buat postcrossing hehehe

  25. Rere @atemalem berkata:

    Ada yang tau kah, atau ada bisa rekomen link tentang info tarif kirim kartu pos dari eropa ke indonesia.
    makasi kawaaann

  26. Rere @atemalem berkata:

    Ada yang tau kah, atau ada bisa rekomen link tentang info tarif kirim kartu pos dari eropa ke indonesia.
    makasi banyak ya kawaaann

  27. Wids berkata:

    Hello mau nanya aku kan dikirimin postcard dari Spanyol tp udah lama gak sampe-sampe, padahal alamat dll-nya udah bener kok, kira-kira knp ya?

    • nanien berkata:

      Sabar, atau nyasar. Kalau setahun tidak sampai bisa jadi nyasar. Atau malah sampai ke rumah tetangga, bisa juga. Kuncinya korespondensi via pos itu harus sabar mbak.. Semua serba misterius kecuali pakai paket tercatat yang bisa dilacak.

  28. hello sis nanien salam kenal πŸ™‚ aku suka sekali blognya karena berguna sekali πŸ™‚ saya mau tanya kalo kita kirim post card + surat + souvenir kecil berarti dikenakan tarif berdasarkan timbangannya ya? mohon pencerahan sis thank’s before πŸ™‚

  29. salam kenal yaa mba nanien πŸ™‚ saya wulan. mba’ mau tanya kalau mau kirim surat z ke turki tanpa ad barang2 isinya hanya kertas surat nya itu kisaran biaya pengriman untuk tahun 2012 berapa mba?? kalau mau kirim surat kesana bisa pakai perangko kah? jika iya berapa banyak jenis perangko yang harus di pasang??

    berdasarkan pengalaman *sebulan kemarin saya kirim surat bentuknya dokumen mba’ trs beratnya sekitar 750 gr lbih ternyata kena biaya pngriman sktar 275 rbu pdahal ngirimnya lewat pos indonesia (EMS) terus kalau di DHL kena 900 ribu lebih mba’.. kalau pake dhl kayaknya bisa beli hape cina 4 biji hehehe πŸ˜€

    • nanien berkata:

      kalau cuma kertas surat jatuhnya jadi kategori surat, cek aja di tabel atas. Bisa pakai perangko, tergantung berat suratnya, lagi-lagi bisa dicek di tabel di atas.
      Kalau mbak sudah baca di tabel atas, berat 750 gram memang mahal ongkos kirimnya.

  30. hai mbak nanien,, q mo kirim surat ke jerman ,, q sih ikut-ikut embak,,, masukin gantungan kunci di amplopnya, ;D,, klo cuma pke perangko aja emang gpp ? q juga sempet cek di situsnya kantorpos klo surat q pke RLN kena RP 35rbuan πŸ˜₯ . satu lagi yang q denger klo kita pke RLN kirimannya ga langsung nyampe ke penerima, penerimanya harus ambil di kantor pos yang dituju

    • nanien berkata:

      Duh saya gatau RLN apa. Saya suka nyelipin sesuatu dalam amplop sih. Pake prangko. Tapi menurut saya ya…just wait and see aja. Coba aja dulu, kalo en am bulan ga sampe..yah..

  31. Evand berkata:

    mbak nanien, kalau mau masukin souvenir seperti gantungan kunci atau foto gitu langsung masukin dlm amplopnya aja ya?

  32. Ratna Muthya berkata:

    Waaaaaaaaah.. terima kasih banyak banyak banyak kak nanien. saya sering kirim surat biasa ke Eropa, petugasnya selalu bilang harga perangkonya 25ribu.. 😦 ternyata untuk kirim surat <20g hanya 7500. Waduh… Sekali lagi terima kasih , kak. πŸ™‚

  33. shinhaerin berkata:

    mau nanya kalo mau ngirim surat ke spanyol harus pake amplop apa ya? apa harus khas air mail atau boleh polos?

  34. tiara berkata:

    mbak apaperbedaan harga kartu pos dan harga per gram ?
    misal saya mau kirim surat dokumen ke belanda , saya harus memakai biaya perangko(kartu pos) atau pake yang per gram nya?
    Apabila mengunakan perangko, berapa banyak yg sy butuh kn? mohon dibales thx mbak

  35. Edwin berkata:

    Mbak saya mo tanya sudah hampir dua bulan saya kirim postcard dan amplop ke poland, france dan bosnia. sampe sekarang belum sampe2.. menurut pengalaman anda masih ada gak kemungkinan sampe? padahal sya pake tarif normal untuk postcard 5000 dan amplop 10000 isinya cuma kertas HVS plus prangko mint satu set (4 prangko)

    • nanien berkata:

      saya terkadang mengirim kartu pos bisa sampe lebih dari dua bulan kok. Kalau udah setahun belum sampe bolehlah bersedih… Tapi belum pernah kirim ke Bosnia ya. Ke Polandia dan Prancis bolehlah berharap dulu.

  36. yusrinna berkata:

    Kak Nanien, apakah kalo ngirimnya dari kantor pos daerah kecil, nyampenya juga bakal lebih lama?

    • nanien berkata:

      bisa jadi, karena (sepertinya) dari sana dikirim dulu ke pusat kan. Contohnya, temen saya kirim dari kantor pos kecil Belitung ke Jakarta… nggak nyampe-nyampe.

  37. Tya berkata:

    kak, ini sampe tahun 2013 masih segini juga rate nya?

    • nanien berkata:

      belum ada info tarif berubah sih..

      • Wah serius belum berubah? Tanggal 20 Juni kemarin kirim kartu pos ke Rusia, Jerman, sama Belanda disuruh 10 ribu pukul rata semua. Kata petugasnya tarif udah naik, dan tarif lama nggak berlaku lagi. Huhu mahal.
        Beneran nggak sih?

      • nanien berkata:

        kayaknya nggak deh. cobain deh ke kantor pos pusat Pasar Baru, langsung masukin kotak yang tersedia, nggak usah ke petugas. Dan tunggu…nyampe nggak? Kalo nyampe, berarti kan tarif tetap sama

      • Lelitya berkata:

        wah iya makasih ya ka!!
        aku tanya lewat twitter Pos Indonesia, mereka kasih harga Asia 7000, Afrika 8000, Eropa 9000 dan Amerika 10000.
        eh pas aku mau beli perangko di kantor pos Atma Jaya, petugasnya bilang untuk ke Amerika & Eropa cukup 5000, dan kalo Asia & Afrika 4000..
        untung petugasnya baik.. :)))

  38. Lily berkata:

    kak, biasany klo kirim surat ke luar negeri atau penpalling gitu, biasanya kakak biasa pake perangko atau surat RLN (yg bs dilacak) kak? soalnya pernah nyoba sekali ke kantor pos krim surat pake perangko, terus kata mbak2nya, mending kirim pake RLN aja, klo perangko ngga bs dilacak trs kita ngga tanggung jwab klo suratnya ngga nympe. masalahnya, aku kirim suratnya banyak, jd kan trlalu mahal klo pake yg RLN, nah biasanya suka pake ygmn kak trus suratnya nympe nggak?

    • nanien berkata:

      Prangko. Mostly sampe. Kalau mau terjamin ya silakan pake yg bs dilacak. Namanya juga pake prangko, via pos, kemungkinan nggak sampe atau hilang di jalan pasti ada. Kalau mau yang pasti lewat email aja… Mentok masuk spam :p

      • Lily berkata:

        kalo kantor filateli di Palembang tau ngga kak? atau tempat beli seri prangko yg minisheet/fullsheet sm benda2 filateli lainnya? bingung di daerah Palembang mau cari dimana, klo di kntor pos biasanya gambarnya yg standar aja..

      • nanien berkata:

        Kalo situ ngasih saya tiket pesawat jakarta-palembang-jakarta nanti saya jawab. Berhubung saya bukan tukang pos atau petugas pos, coba usaha google dulu ya? πŸ™‚

  39. Akah berkata:

    Kalo gak mau di-rese-in sama petugas post langsung masukin aja ke bis surat, haha

  40. intan berkata:

    kak, mau tanya nih. kalo kakak kan biasanya langsung titip petugas (dateng ke kantor posnya) kalo misal cuma masukin ke kotak penampungan surat (?) yang biasanya ada di luar kantor pos itu ntar sama aja atau malah tambah lama? makasiiih πŸ˜€

  41. gilang berkata:

    mau tanya nih mbak, dah ada kenaikan belom sih buat kirim kartu pos ke Eropa? gue dah kirim ke polandia dah hampir tiga minggu belom ada kabar nyampe apa nggak, apa normal? takutnya tarif udah naik dan kartu posnya ditelantarkan, tapi kata petugas posnya deket rumah cukup 5rb buat kartu pos, salahnya nitipnya bukan di kantor pos yang sama,

    • nanien berkata:

      coba kalo senggang cek ke kantor pos pasar baru, ke bagian informasi. saya juga masih simpang siur dapat infonya dan belum sempet kirim-kiriman. kalo masnya udah dapet info ke kantor pos pasar baru kabarin yaa :p
      ke Eropa kalo udah 3-4 bulan ga nyampe silakan was-was. bisa aja missent ke negara lain. Tapi ya itulah risiko pake pos kan?

      • gilang berkata:

        walah lah, tau aja enggak kantor pos pasar baru dimana, biasanya kalo urusan kantor pos sih di taman mini aja, deket rumah dan sekalian berburu prangko, hehe, ditaman mini bilang ke eropa 8000, bilangnya dari pusat dah diratain, tapi tetep aja diterima (gatau dikirimin apa nggak)
        sementara di kantor pos cipayung gue pake 6000 katanya 5000 aja cukup ke poland, katanya juga update dari pusat, lahlahlah, bingunglah gue, coba deh kalo nanti ada temen yang tau di mana kantor posnya dasamperin…

      • nanien berkata:

        yaudah tunggu aja, kalo yang 5000 masih nyampe pake aja tarif segitu terus.

  42. Tiffytiffany berkata:

    Hallo, Nanien!
    Aku tinggal di Munich nih, dan mau ngirim kartu pos plus bbrp gantungan kunci ke Indonesia. Ini baru kali pertamaku haha. Pertanyaannya:
    Di Munich kantor pos terdekat buat internationally dimana ya? Trus perangkonya jg beli di kantor pos?
    Maaf sebelumnya karna saya org awam hehehe

    Thanks before buat infonya
    Have a nice day

    • nanien berkata:

      hai, aku enggak tahu soalnya belum pernak ke Munich. Di luar negeri aku juga enggak tahu bisa beli prangko cuma di kantor pos aja apa bisa di tempat lain. Coba tanya sama warga asli sana siapa tahu mereka lebih paham.

  43. fernandaksmw berkata:

    Halo mbak!
    Aku mau kirim surat ke Jerman isinya 3 kartu pos pake perangko 7500 cukup gak ya?
    Terus nulis alamat sm tempel perangkonya di bagian mananya ya?
    Makasih mbak, atas infonya! πŸ˜€

    • nanien berkata:

      Tiga kartu pos kira kira beratnya berapa? Kalo lebih dari 20 gram kayaknya kurang. Mungkin 15rb bisa tapi kalau mau aman minta ditimbang ke petugas, paling mahal 20rb kali ya. Perangko kanan atas bawahnya tulis alamat penerima.

  44. ardina berkata:

    mba’ mau tanya yg biaya krim kartu pos eropa misal 4000, itu brti udh dibebankan ke biaya prangkonya apa 4000 itu diluar perangko (ada biaya lain ) ? mhon infonya kak

  45. reyditha berkata:

    halo nanien , masih belom paham nih ..
    ini daftar harga untuk di kantor pos indonesia atau bagaimana ? krn liat di web harganya sampe 300rban lebih .. baru pertama kali mau kirim postcard ke belanda untuk christmas nih ..
    thank you banget yaa πŸ™‚

  46. thomas kholis berkata:

    kk Anien , Mau tanya . jika menggunakan layanan Surat RLN itu apa dikasih prangko juga

  47. Vivian Ibra berkata:

    Kak, kartu pos expired itu maksudnya apa sih?
    Btw, thx atas infonya πŸ™‚ Bermanfaat banget. Kemarin aku kirim kartu pos ke Perancis pake prangko 5000. Moga bisa nyampe tujuan.

  48. Vivian Ibra berkata:

    Kak, kok aku kirim kartu pos ke LN, sananya bilang gini “Prangkonya gak cukup. Ke LN harus pake prangko 30rb. Semua negara”

    Jadi bingung nih, kak. Nekat kirim pake prangko 5000 (ke Jerman) atau 30 rb ya? Kak nanien pernah kirim ke Jerman? Pake prangko berapa?

    • nanien berkata:

      dulu sih waktu belum ada gosip kenaikan tarif kalo ke Eropa 4500 saja. Nah, sekarang saya belum cek daftar tarif terbaru di kantor pos Lapangan Banteng. Kartu pos dengan prangko 30 ribu sih terlalu mahal, kalau 10 rebu masih lumayan mahal tapi bisa sampe cepet banget. Kalau 30rb bisa pakai amplop agak berat kayanya. Coba ke kantor pos yang besar biar informasi lebih lengkap.

  49. Indah Ahmed berkata:

    Halo halo πŸ™‚
    Kalo yang surat Reg Luar Negeri itu di Pos Indonesia harganya IDR 29000 loh di sini http://www.posindonesia.co.id/index.php/loginall-comuser-views/tarif-kiriman/kiriman-pos-internasional

    Gimana tuh?
    Oh iya, kalo yang pake amplop, lalu ditimbang petugasnya, misal kena harganya IDR 30000 itu perangko semua? Atau kita bayar aja ke petugasnya kayak model paket ekspedisi lain? Makasih. Have a nice day!

  50. gilang berkata:

    Halo Mbak Nanien, gue yang waktu itu dipesenin ke kantor pos lap. Banteng itu, akhirnya kemarin sempat dan kata ibu-ibu petugasnya belom ada rencana kenaikan tarif kok, masih tarif yang tahun 2002, tapi itu tiga minggu yang lalu sih, hehe,
    Eiya pernah bikin sendiri kartu posnya gak mbak? Kalo iya, pakai program nya apa? Gue pakai office publisher, desainnya gampang bisa bolak-balik, tapi gak yakin di tempat percetakannya bisa, kalo beli itu-itu aja bosen,
    Oiya, sekalian happy new year buat postcrosser sekalian, semoga kartu posnya nyampe ke tempat yang dituju, πŸ˜‰

    • nanien berkata:

      Hai, oya? Wah semoga bener ya soalnya saya nanya ke petugas pos di kantor (orangnya beda) bilang tarif naik jadi 10rebu tapi dia ga bisa nunjukin daftar resmi. Jadi skeptis deh. Belum pernah bikin sendiri, itu sih jagonya anak-anak Card to post. Coba deh mampir ke web Card to Post, siapa tau bisa dapat pencerahan bikin kartu pos πŸ˜€

  51. gilang berkata:

    Iya kok mbak nanien, buktinya dah nyampe kok semalem, malah waktu itu kan sekalian ngririm surat ke ceko kata ibu petugasnya prangkonya kebanyakan(gue pake prangko 15 ribu), katanya masih 7500 buat surat ke eropa, lagian tadi juga ke kantor pos dΓ©ket rumah tarifnya belom naik, kan selama dah di cap sama petugas kantor pos udah pasti kekirim kan?
    Eh gak pernah bikin ya mbak? Kalo hunting kartu pos biasanya kemana? taunya gue cuma di gramedia doang,

  52. Vivian ibra berkata:

    mbak nanien, kirimi aku kartu pos dong πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: