Dalam Negeri

Berikut ini adalah tarif perangko untuk mengirim kartu pos dan surat ke berbagai daerah di Indonesia. Tarif ini khusus untuk benda pos yang dikirim dari DKI Jakarta.

beberapa catatan:

  • Apa sih warkat pos? Menurut bung Hendro di komen ini:

 Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

Sepakat? Gue juga belom pernah liat jadi jangan tanya sama sayah.

  • Perangko buat surat yang bagian mana?

Kalo suratnya cuma berisi beberapa kertas enteng, ya berarti kategori 20 gram. Kalo nulis suratnya sama kaya nulis skripsi, ya berarti lebih dari 20 gram. Kalo gak yakin, timbang aja suratnya. 

Gw suka menimbang surat pake timbangan buat bikin kue kalo nyelipin sesuatu yang agak berat kaya suvenir gantungan kunci yang bisa dimasukin ke amplop.

Kalo lebih gak yakin lagi, serahkan perhitungan perangko pada petugas pos di kantor pos besar. Kalo di kantor pos cabang yang gedenya cuma warung kadang suka bingung kalo gw ngasih surat ke luar negeri. Antrilah di loket, beri suratnya, bilang mau kirim kemana, apakah paket kilat atau biasa. Nanti petugas akan menimbang dan menentukan harga kirim (bisa perangko atau kilat. Kalo kilat gak pake perangko).

Iklan

8 thoughts on “Dalam Negeri

  1. ren ws berkata:

    waduuh cilaka, mataku bolor bangeeet ga jelas liat ini..hiks, eniwei makasih banget, hun

  2. jarkasih berkata:

    wah bisa ngk ni, coba bales2n kartu pos sama ane, ? pingin nyobak ni,

  3. Cari Beasiswa berkata:

    Trims Kakak,
    Postingnya bermanfaat bgt deh.
    Perlu timbangan ukuran gram nih sbelum kirim surat.

  4. Nira berkata:

    maaf mbak yang betul ternyata prangko bukan perangko 🙂 http://id.wikipedia.org/wiki/Prangko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: