Afrika

TARIF KARTU POS, WARKAT POS, DAN SURAT UDARA LUAR NEGERI AFRIKA

No KelompokNegara Kartu pos Warkat pos

Tingkat berat (Gram)/ Rp (PAKAI AMPLOP)

s/d 20 gr >20 gr s/d 50 gr >50 gr s/d100 gr >100 gr s/d250 gr >250 gr s/d500 gr >500gr s/d1000 gr >1000 gr s/d2000 gr
A

AFRIKA

Kelompok I
1 Algeria

3.000

4.000

5.500

12.000

23.000

55.000

75.000

140.000

140.000

2 Djibaoti
3 Ethiopia
4 Libya
5 Mesir
6 Sudan
7 Tunisia
Kelompok II
1 Afrika Tengah

3.000

4.000

5.000

10.000

18.000

40.000

65.000

120.000

180.000

2 Angola
3 Benin
4 Burundi
5 Cape Verde
6 Chard
7 Gabon
8 Gambia
9 Ghana
10 Guinea
11 Bissau
12 Kamerun
13 Kenya
14 Kongo
15 Liberia
16 Madagaskar
17 Mali
18 Maroko
19 Mauntania
20 Mauritius
21 Namibia
22 Niger
23 Nigeria
24 Pantai Gading
25 Ruwanda
26 Senegal
27 Seychelles, Kep
28 Siera Leone
29 Somolia
30 Tanzania
31 Togo
32 Uganda
33 Volta Hulu
34 Burkina
35 Faso
36 Zaire
37 Zambia
Kelompok III
1 Afrika Selatan 3.000 4.000 5.500 12.000 25.000 50.000 90.000 150.000 250.000
2 Botswara
3 Leshoto
4 Mozzambique
5 Swaziland

beberapa catatan:

  • Apa sih warkat pos? Menurut bung Hendro di komen ini:

 Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

Sepakat? Gue juga belom pernah liat jadi jangan tanya sama sayah.

  • Perangko buat surat yang bagian mana?

Kalo suratnya cuma berisi beberapa kertas enteng, ya berarti kategori 20 gram. Kalo nulis suratnya sama kaya nulis skripsi, ya berarti lebih dari 20 gram. Kalo gak yakin, timbang aja suratnya. 

Gw suka menimbang surat pake timbangan buat bikin kue kalo nyelipin sesuatu yang agak berat kaya suvenir gantungan kunci yang bisa dimasukin ke amplop.

Kalo lebih gak yakin lagi, serahkan perhitungan perangko pada petugas pos di kantor pos besar. Kalo di kantor pos cabang yang gedenya cuma warung kadang suka bingung kalo gw ngasih surat ke luar negeri. Antrilah di loket, beri suratnya, bilang mau kirim kemana, apakah paket kilat atau biasa. Nanti petugas akan menimbang dan menentukan harga kirim (bisa perangko atau kilat. Kalo kilat gak pake perangko).

Sudah memasang prangko sesuai tarif di atas tapi disuruh pasang yang lebih mahal oleh petugas? BACA DULU DI SINI.

10 thoughts on “Afrika

  1. jepe berkata:

    hai nanien salam kenal. saya juga suka postcrossing-an, tapi baru mulai aktif beberapa bulan terakhir ini.
    mau kasih sedikit info aja, kalo dari kantor pos dago bandung ke luar negeri manapun 4000 rupiah saja 🙂 alhamdulillah semuanya nyampe-nyampe aja.

    mau tanya, kok bisa sih baru sepuluh bulan udah dapet 60-an kartu pos? biasanya untuk sekali kirim (5 postcard) biasanya baru 2 bulan sampe semuanya. rata-rata 1 kali kirim kamu butuh waktu berapa minggu?

    • nanien berkata:

      Hai Jepe! Salam kenal juga 🙂
      Terima kasih infonya.
      Mau tahu rahasianya? *sok misterius* Rata-rata sih kartu pos yang gw kirim nyampe dalam kurun waktu seminggu sampai 40 hari. Ada juga sih yang hampir dua bulan tapi jarang banget. Kalo dipukul rata 2-3 minggu udah nyampe biasanya. Gw selalu rajin ngirim setiap ada kuota yang tersedia, jadi gak berhenti sama sekali. Kebetulan beberapa bulan lalu ketika Postcrossing ulang tahun gw notice kalo kita dapet privilage kuota lebih sebanyak 11 biji (kalo ga salah), dari situ hantam teruuuus curi start deh jadi makin banyak ngirim. Dan baru-baru ini kuota ditambah kan yaa, jadinya gw bisa ngirim makin banyak. Intinya sih selama 10 bulan gw tidak pernah beristirahat mengirim kartu pos hihihihi.

  2. yunnindra berkata:

    kak nanien… kalo ngirim paket ke rusia berapa ya kak tarifnya?

  3. irenaas berkata:

    misi kak, aku iren dari surabaya. aku sempet kirim postcard langsung 3 ke negara berbeda, ada yg ke brasil, rusia dan taiwan. sama mas kantor posnya itu dikasih tarif gede, pokoknya semua postcard itu di total 55rb. sebenernya itu tarif apa ya? kalo pake prangko aja bisa nggak ya? mohon info dan bantuannya 🙂

  4. brina berkata:

    hai kak nanien. saya brina di tangsel. saya kan belum pernah tuh ya ngirim-ngirim surat lewat pake kantor pos gitu jadi ga ngerti apa2 :/
    nah kebetulan, saya pengen ngirim surat ke temen yang ada di mesir.
    misalnya, saya udah ngamplopin surat nya tuh. terus selanjut nya saya ngapain? nempelin pake prangko kah? :/ terus selanjut nya apa biar nyampe ke mesir itu ya kak? aku bingung hehe. mohon penjelasannya ya kak, terimakasih. 🙂

    • nanien berkata:

      Kamu umur berapa sih ngomong2 sampe gatau pos? Masih muda banget ya? Hehe. Tempel prangko di pojok kanan atas, tulis nama dan alamat tujuan di bawahnya. Kalau amplop berat harga prangko juga semakin mahal. Cek di daftar ke mesir berapa tarif prangkonya, coba nanti amplopnyq ditimbang pake timbangan kue biar tau ancer2 harus tempel berapa prangko. Atau tanya petugas pos, kasih amplop yang sudah ditulis alamat, nanti sama dia ditimbang dan dia akan ngasitau harus berapa prangkonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: