F.A.Q Postcrossing

Banyak yang bertanya bagaimana sih caranya ikut postcrossing?

Setahun lalu, gw juga mengalami kebingungan yang sama. Namun, seperti kata Malaikat Jibril pada Nabi Muhammad: Iqra. Baca. Yep, gw pelototin dan baca semua petunjuk di website Postcrossing, ternyata semua kebingungan terjawab semuanya di bagian Frequently Asked Question.

Pada intinya adalah (seperti yang tertulis di webnya):

Lo kirim kartu pos, lo juga akan menerima kartu pos. Dari siapa? Dari siapa pun itu di muka bumi, pokoknya acak.

Bagaimana cara memulainya? Daftar dulu dong. Kalo udah daftar, baca aturan mainnya yang singkat di sini, atau aturan yang super lengkap di sini.

1. Minta alamat dari website (klik ‘Send a postcard’ yang ada di menu sebelah kiri). Nanti lo akan mendapat alamat random plus nomor identitas kartu pos yang harus ditulis. Jangan sampai lupa ya, karena ID itulah satu-satunya cara biar lo tahu apakah kartu poslo udah nyampe atau belom.

2. Kirimkan kartu pos ke alamat yang dituju. Kalau gak pede sama tulisan tangan boleh juga ngeprint alamatnya. Tapi so far menurut analisis gw, sejelek-jeleknya tulisan orang Indonesia, tetep bisa dibaca kok. Kecuali ada yang tulisannya masih menganut gaya gaul ala tulisan jaman Sukarno masih muda, yang miring-miring berwibawa gitu. Cakep sih, tapi kadang rada susah bacanya. Ngeprint alamat bisa juga dilakukan kalo si penerima juga menyediakan alamat dengan tulisan non latin, misalnya pake kanji atau bahasa mandarin, atau yang berenda-renda ala Vietnam. Kalo ngeri bakal salah nulis, ya boleh aja diprint. Sejauh ini gw sih masih pede nulis pake tulisan tangan sahadja πŸ™‚

3. TungguΒ hingga kartu posnya sampai. Belum ada rumus yang pasti tentang berapa lama kartu pos akan sampai di negara X. Kalo menurut pengalaman gw sih paling lama nungguin kartu pos yang dikirim ke Rusia dan Cina. Bisa sekitar 40 hari. Paling cepet sih ke Belanda, pernah seminggu aja udah sampe. Tapi lagi-lagi itu misteri kantor pos ya. Dengan perangko yang sama, kartu pos gw sampe ke Belanda dalam waktu seminggu DAN puluhan hari. Mungkin bisa dibantu dengan doa biar cepet nyampe.

4. Ketika kartu poslo sampai, akan ada notifikasi ke email dari Postcrossing.

5. Now you will receive a postcard from another random user! Saat kartu pos yang dinantikan tiba, jangan lupa REGISTER kartu itu di bagian ‘Register a postcard’. Nah, masukkin deh nomor ID yang tertera di kartu pos itu. Otomatis sistem postcrossing akan menghitung jumlah kartu pos yang telah lo terima.

Gampang kan?

Happy postcrossing!

46 thoughts on “F.A.Q Postcrossing

  1. Furqan Alfath berkata:

    lagi nyari-nyari biaya pos dari Belanda ke Indonesia, eh ketemu sama blog ini. πŸ˜€
    Taglinenya diganti Mba tambahin ‘Saat’ SMS dan Email kalah pamor. Tambah Mantep deh. Hehe.. saran aja.

    Keren blognya, someday mau nyoba. Seru sepertinya.

  2. SAPTA berkata:

    baru liat jelang siang, ada info bagus dari drimu sista,,,seperti nya asik juga merasakan debaran jantung menunggu kartu pos…xixiixixi. kyak bunjee jumping kale ya…
    siap mencoba deh ^_^
    thanks ya

  3. Diyan Lopi berkata:

    aku juga baru gabung kakak..:)
    sebenernya aku juga udah ngumpulin beberapa kartu pos, tapi karena ga tahu mau nyari dimana kartu” yang bagus jadi aku sempat berhenti. Hehehe..
    Karna ngelihat tentang kakak, jadi aku ingin mulai lagi ngumpulin kartu pos…:)
    Thanks kakak.

  4. restu berkata:

    wah kemarin br nntn jelang siang eh ada info ttg kakak….
    pengin gabung tp rmh ku di purworejo, jawa tengah..
    apalagi b inggris ku msh krg

  5. Soekma berkata:

    Lam kenal nanien…liputan jelang siang tentangmu menginspirasiku untuk lebih mengenal postcrossing…makasih banyak infonya ya…berharap bisa mengikuti jejak mu…hidup postcrossing…(soekma)

  6. widhadyah berkata:

    Mendadak kangen kirim kartu pos dan pengen beli kartu pos. Nyampe di blog ni. Okesip. Officially joined! πŸ˜€

  7. hirwansyah berkata:

    hehehehe….asyik asyik…kegiatan berkirim surat eh kartu pos mulai menggeliat lagi. bgm pun, tulisan tangan di surat dan kartu pos.jauh lebih bernyawa dibanding e-mail atau sms….

  8. anggayasha berkata:

    Ooo… begitu toh caranya. πŸ˜€
    salam kenal ya.
    terdampar ke sini gara-gara lagi iseng pengen blogwalking, sekarang malah jadi pengen ikutan tukeran surat. πŸ˜€

    jadi inget jaman2 suka ngirim kartu lebaran ke temen waktu SMA dulu nih. πŸ™‚

  9. yessi berkata:

    nanienn kirimin aku dong^^, korea jarang yah #tepok jidat

    • nanien berkata:

      maaap.. lagi terjebak realita hidup sehingga menjauhkan gw dari keleluasaan menulis kartu pos. Coba coba minta sama orang2 di forum postcrossing indonesia yang lagi di puncak semangat berkartuposria #banyakalasan #memanglagisibuk πŸ˜€

  10. Tiara berkata:

    Bener-bener nggak ada waktu yg tepat berapa hari kah kartu pos kita akan sampai di negara tujuan ya, Mbak? Terus nggak ada cara untuk tracking juga ya? Kepingin nyoba kirim-kiriman kartu pos ke pacar di benua lain biar deg-deg-annya kayak di film Dear John. Hihihi.

  11. jannahkha berkata:

    halo mbak nanien πŸ™‚ tulisannya bagus banget πŸ˜€ bener2 inspiratif skali, bener iqra iqra iqra… saya jdi pengen ikutan postcrossing deh jadinya…seblmnya ga pernah sama sekali hehehe….bener2 awam tentang surat2an, pos2an, huhu.. oh ya, bisa ketemu blog ini gara2 pengen ngirim surat buat idola saya di korea sana, bingung caranya gimana hehe…malah jadi tertarik gabung di hobi baru ini… mbak nanien memang cocok jadi Postcrossing Ambassador deh… kampanyenya membuat orang yang membacanya jadi tertarik, salam kenal ya mbak…ntar klo ada kesulitan boleh ya tanya2 hehehe… πŸ˜€
    jannah

  12. tiarafriani berkata:

    haloo mbaak makasih buanyak postingannya bikin sedikit mudeng hehe aku baru malem ini nih tau tentang Postcrossing, terus bingung cara mulai ngirimnya gimana, eh nemu blog mbaknya hehe.. Suwuun mbaaak πŸ˜€

  13. ery berkata:

    mba’ Nanien, temenku yg di US minta dikirimin postcard, buat dipajang di cubicle nya. tujuannya sih supaya fun aja, ngumpulin postcard dari temen2 mancanegara. cuma aku belum pernah sama sekali ngirim kartu pos. hehe.. pertanyaan saya, ngisi kartu pos itu gimana ya? mentah2 saja ngikutin outline yg uda ada aja? terus tarifnya masih sama kah? makasih ya. πŸ™‚

    • nanien berkata:

      Kanan atas tempel prangko 3500. Di bawah prangko tulis alamat penerima. Tulis pesan di sebelah kiri, Iya ikuti outline aja atau lihat contoh di kartu pos di sini postingan lama biar jelas gmn bentuk pola menulis di kartu pos πŸ™‚

  14. Cardita berkata:

    Halo Mba Nanie, mau tanya dong. Kalau kirim surat reguler ke U.S.A. sampai ke tujuannya itu bisa lebih dari 2 bulankah? (kata mas-mas di kantor pos) Aku tempelin 8000 di amplopnya. #harap-harapcemas

  15. ambar berkata:

    halo mbak. itu daftar tarif perangkonya, dipukul rata untuk semua wilayah kah? soalnya aku kan pernah kirim dari Depok (yg di Jl, Margonda itu), biasanya paling murah 5000. eh pas di Bekasi (Pondok Gede), katanya minimal 10.000, karena kata petugasnya jauh. trus aku bilangnya, udah biasa pake tarif 5000 di Depok dan sampe juga. trus kantor pos yang di Depok bahkan lebih kecil daripada kantor pos yg di Pondok Gede itu.
    mohon pencerahannya mbak. hehe πŸ˜€

    • nanien berkata:

      kayanya itu berlaku buat jakarta dan sekitarnya. Masalahnya petugas juga nggak semuanya tahu jadi banyak misunderstanding. Kalau cukup 5000 ya udah segitu aja asalkan ga ngirim dari Papua.

  16. dini berkata:

    aku baru join postcrossing mbak xD udah request alamat dan ngeliat faq di websitenya tapi masih bingung nulis apa ya di kartu pos?

  17. Gusdiv berkata:

    Mbak, kalo kita emang punya temen di Jepang tapi dia gak ikutan postcrossing trus mau kirimin kartu pos ke dia apa perlu pake ID mbak?

  18. sitiagel berkata:

    I’m gonna try this!
    Lagi keranjingan kirim2an via pos nih.. :3

    btw.. salam kenal nanien!
    salam kenal dari beki! πŸ™‚

  19. Pratya berkata:

    baru mau mulai ikutan postcrossing nih mbak, tapi masih bingung, ID yg ditulis di kartu pos yg akan dikirim itu ID kita atau ID si calon penerima ya? Atau dua2nya?
    makasih banyak mbak

    • nanien berkata:

      hanya ada satu ID yang diberikan postcrossing, yaitu kode negara kita (ID, indonesia maksudnya) dan nomor kartu pos. jadi IDnya ya: ID-123456, misalnya. Itu ditulis di kartu pos yang mau dikirim

  20. Aby Yazid berkata:

    Salam Kenal, mau nanya nih Mbak, untuk bisa nerima kartu pos dari postcrosser lain apakah sistem harus menunggu kartu pos kita diterima dan diregistrasi dulu? Saya baru ikutan, 5 alamat pertama dapatnya 2 Rusia dan 3 Belarus, hehehe

  21. aby yazid berkata:

    Pertanyaan lanjutan :), misalnya kemungkinan terburuk (semoga ga sampe kejadian), ke 5 kartu pos yg dikirim itu ga ada yg sampe k tujuan, apakah kita ga akan bisa ngirim lagi dan masuk daftar penerima? Terima kasih

    • nanien berkata:

      udah baca FAQ belum? Lengkap loh jawabannya disitu πŸ™‚ kartu yang ga sampe hingga 2 bulan akan expired dan Anda bisa mengirim lagi (dapat jatah baru) setelah masa expired

  22. dina berkata:

    Hallo mb nanien,salam kenal..
    ak baru 2 hr yang lalu gabung k postcrosser dan baru hari ini kirim postcard k jerman dan rusia. excited bgt!
    tiap postcardny ak kasih perangko 5 rb dan 2500. kira2 sampai gag ya mb? ak kirimnya dr wonogiri,jateng.
    kata mb nya yang d kantor pos,kalo mau kirim k jerman biaya ny 30rb..wuih..masa iya sih,,tp ak tetep nekat pake perangko 5 rb dan 2500. berharap semoga sampai dgn selamat..hehe

  23. cen berkata:

    mbak nanien. saya berencana masukin sarung tangan rajut + kartu pos ke dalam amplop. itu bisa dikirim pakai prangko kan ya mbak? gak harus paket-paketan EMS gitu? makasi mbak.

  24. daisy berkata:

    Saya lupa menyalin alamat dari website nya, trus waktu saya buka lg, alamatnya udh gabisa diliat lg. Itu gimana?

  25. Kevin berkata:

    kak, mau tanya masalah perangko untuk kirim kartu pos ke luar negeri. soalnya pas waktu mau kirim, kantor pos minta biayanya sampai 49 ribu.. sebenernya berapa ya jumlah perangko yang harus ditempel ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: