Tarif Perangko untuk Asia Pasifik

TARIF KARTU POS, WARKAT POS, DAN SURAT UDARA LUAR NEGERI ASIA PASIFIK

No KelompokNegara Kartu pos Warkat pos

Tingkat berat (Gram)/ Rp (PAKAI AMPLOP)

s/d 20 gr >20 gr s/d 50 gr >50 gr s/d100 gr >100 gr s/d250 gr >250 gr s/d500 gr >500gr s/d1000 gr >1000 gr s/d2000 gr
A

ASIA PASIFIK

Kelompok I
1 Brunei

2.500

3.000

4.000

8.000

14.000

35.000

55.000

100.000

140.000

2 Laos
3 Malaysia
4 Singapura
5 Thailand
Kelompok II
1 Australia

3.000

3.500

4.500

10.000

18.000

40.000

65.000

120.000

180.000

2 Bangladesh
3 Bhutan
4 India
5 Jepang
6 Korea Selatan
7 Maladewa
8 Nepal
9 Pakistan
10 Philipina
11 Srilanka
12 Vietnam
Kelompok III
1 Afganistan 2.500 3.500 4.500 10.000 15.000 40.000 60.000 125.000 180.000
2 Nagru
3 Papua Nugini
4 RRC (Cina)
5 Selandia Baru
Kelompok IV
1 Hongkong 2.500 3.500 4.000 10.000 15.000 35.000 55.000 110.000 150.000
2 Macau
3 Kamboja
4 Korea Utara
5 Myanmar
6 Taiwan
Kelompok V
1 Bahrain 3.000 4.000 5.500 11.000 20.000 50.000 70.000 130.000 190.000
2 Irak
3 Iran
4 Israel
5 Kuwait
6 Mongolia
7 Qatar
8 Saudi Arabia
9 Uni Arab Emirat
Kelompok VI
1 Lebanon 3.000 3.500 5.500 11.000 20.000 50.000 70.000 130.000 190.000
2 Oman
3 Turki
4 Yaman
5 Yordania
Kelompok VII
1 Adniralitet 3.000 3.500 5.500 13.000 24.000 55.000 85.000 150.000 240.000
2 Ceton, Kep
3 Cook, Kep
4 Ellica, Kep
5 Fiji, Kep
6 Flinder, Kep
7 Gilbert, Kep
8 Guam
9 Hanover
10 Howe Lord
11 King, Kep
12 Midway, Kep
13 New Britain
14 New Celedonia
15 New Hebriden
16 New Irlandia
17 Norfolk, Kep
18 Samoa
19 Salamon, Kep
20 Tabiti
21 Tongga
22 Tuyulu
23 Yamualata
24 Wake

beberapa catatan:

  • Apa sih warkat pos? Menurut bung Hendro di komen ini:

 Warkat Pos : selembar kertas kurang lebih ukuran A4 atau lebih kecil, biasanya berwarna biru muda yg DULU dijual di kantor pos. Gunanya : utk mengirim surat/berita yg kita tulis di lembaran warkat pos itu. Setelah itu warkatpos kita lipat sesuai garis yg sdh ada menjadi bentuk spt amplop, dilem pinggirannya sedikit. Bagian muka utk ditulis nama/alamat tujuan & tempel perrangko dan bagian belakang nama/alamat pengirim. Jadi isi surat tertulis pada lembar bagian dalam/sebaliknya.

Sepakat? Gue juga belom pernah liat jadi jangan tanya sama sayah.

  • Perangko buat surat yang bagian mana?

Kalo suratnya cuma berisi beberapa kertas enteng, ya berarti kategori 20 gram. Kalo nulis suratnya sama kaya nulis skripsi, ya berarti lebih dari 20 gram. Kalo gak yakin, timbang aja suratnya. 

Gw suka menimbang surat pake timbangan buat bikin kue kalo nyelipin sesuatu yang agak berat kaya suvenir gantungan kunci yang bisa dimasukin ke amplop.

Kalo lebih gak yakin lagi, serahkan perhitungan perangko pada petugas pos di kantor pos besar. Kalo di kantor pos cabang yang gedenya cuma warung kadang suka bingung kalo gw ngasih surat ke luar negeri. Antrilah di loket, beri suratnya, bilang mau kirim kemana, apakah paket kilat atau biasa. Nanti petugas akan menimbang dan menentukan harga kirim (bisa perangko atau kilat. Kalo kilat gak pake perangko).

Sudah memasang prangko sesuai tarif di atas tapi disuruh pasang yang lebih mahal oleh petugas? BACA DULU DI SINI.

69 thoughts on “Tarif Perangko untuk Asia Pasifik

  1. ren ws berkata:

    nah yang ini jelassssssssssss…. makasssiiiihhhh 🙂

  2. edwin berkata:

    makasih mbak nanien kebetulan bgt saya jg suka ngirim surat ama kartu pos

  3. LINZ berkata:

    udah naek harga tuh… asean 2500, di luar asean 3000.

  4. LINZ berkata:

    dr temen yg nangkring di kantor pos. kl amrik cuma 3500 kok. eropa 4000. itu di list kok amrik 4500? sy dr dolo ngirim ke amrik 3500 (tapi kata sang temen ituuu, prangko indo kaga ada terbitan 500 perak jd di buletin jd 4000) buat amrik misalnya.

    tapi sy kirim seh tetep 3500 ke amrik, 4000 eropa, asean 2500, di luar asean 3000.

    • nanien berkata:

      di list amrik 3500 kok. Tanyakanlah pada rumput yang bergoyang, gw kan cuma nulis ulang daftar harga dari kantor pos lapangan banteng (dari buku tebel di ruang informasi bagian sebelah kiri) :p
      Yah, gw rasa sih berapapun (asal ga jauh2 bedanya) tetep nyampe sih. dulu waktu gw belom nanya daftar resmi ke lapangan banteng selalu nyampe kartu gw walau perangkonya kurang dari tarif.

  5. Indah berkata:

    Nanieenn.. makasih info tarifnya inii, berguna bangets pas tadi lagi nyari2 berapaan sih ke China, eh ternyata cuman 2.500, hahahaha, mantapss.. lumayan bisa ngirit 1.500 :))

  6. diazbela berkata:

    Halo Nanien salam kenal! 🙂
    Saya tinggal di Yogyakarta, mau sharing nih. awalnya saya ngirim kartu pos di mobil2 kantor pos dengan tarif:
    Asia dan sekitarnya: 4500
    Amerika dan sekitarnya: 8000
    Eropa dan sekitarnya: 7000-7500
    Mas petugasnya itu biasanya ngecek dulu di buku yang isinya daftar-daftar tarif harga kartu pos. Biasanya kartunya disuruh ditinggal, biar dia yang nempelin perangkonya. Saya sih percaya-percaya aja (awalnya)…
    Kesini-kesini kok teman-teman saya yang ngirim postcard ternyata dikasih hara yang beda. Pernah ada teman saya yang ngirim beberapa kartu ke Asia, Amerika, Eropa, tarifnya dipukul rata 3500. Dia ngirimnya melalui kantor pos sih. Nah, karena penasaran, saya langsung ke kantor pos. Ehh, saya dapet harga yang sama kayak harga yg di mobil2 itu.

    Setelah tahu ada tarif harga seperti ini, saya iseng nyoba nanya. pertama ke petugas yang di mobil2. Saya tanya kenapa ya harganya beda kalau ngirim dari Jogja dan Jakarta. Padahal tujuannya sama. Doi ternyata nggak tau. Oke, saya simpulkan kalau “selisih harga” nya berarti buat ongkos dari Jogja-Jakarta.
    Trus saya ke kantor pos pusat, saya tanya berapa tarif kirim kartu pos, masnya jawab ‘beda-beda mbak, tergantung kotanya’. Trus saya bilang lagi, ‘kemaren temen saya ngirim kartu pos ke asia, amerika, eropa, tarifnya sama loh mas, 3500’. *Eng-ing-eng* masnya cuma bisa diem dan malah nanya terus, ‘itu ngirimnya dimana ya mbak?’ Hoho, saya jawab aja, ‘disini mas. Seruis ngirimnya disini.’
    Dan masnya gak bisa jawab lagi. kekekekekkk
    Yaudah deh, sekarang sih saya cukup tau aja. Sekarang kalau ngirim pakai perangko 4000 (nyari aman) dan nyampe-nyampe aja tuh! \:D/

    • nanien berkata:

      hai Diaz!
      wah mahal banget tarif yang pertama. bahaya juga tuh soalnya rentan korupsi kalo kita gak liat pas dia nempelin perangkonya :p
      Emang sih memprihatinkan karena petugas pos juga belum tentu ‘melek tarif’, mungkin karena udah jarang orang yang pake perangko ya. Hehe lumayan kan ini tarif asli bisa ngebantu berhemat :p

  7. mia berkata:

    mbak nanien..atau semua yang tau deh…

    sorry yah kalo agak OOT.. abis gak tau mau nanya kemana..

    kan kalo di postcrossing kan ad tuh yang suka tuker2an.. magnet kulkas ato sovenir2 lain gitu,,, nah kalo misal kita ngirim kartu pos sebiji plus magnet kulkas yg tipis gt… make amplop surat kecil standar gitu ya.. bayar nya berapa…?

    kirim nya pakai perangko juga bisa gak…? apa pakai EMS? aku pernah ditawari pas ngirim 3 biji postcard di dalem amplop… cuma akhirnya pake perangko.. ke belanda bayar 10rb…

    kemahalan gak yah?

    • nanien berkata:

      gw pernah kirim 10 kartu pos dalam satu amplop ke Mauritius, Afrika pake perangko 10 rebu. Nyampe. 10 biji loh!
      so far sih kalo gw selalu ngikutin tarif di sini aja, pake perangko, selalu sampe.
      kalo agak berat ya gw timbang dulu terus disesuaikan dengan tarif.

      ngirim berat juga pernah, beberapa ratus gram, disamain juga pake tarif perangko kalo di surat, nyampe juga.

      kalo menurut gw 3 biji seamplop kan enteng..10rebu kayanya mahal deh hehehe. samain aja sama berat yang paling ringan.

      • mia berkata:

        ohoo.. asek kalo gitu.. semua berat bisa dicover pake perangko… isinya apa aja gak papa gak ya?hehehe

        so far.. dr pengalaman menelusuri kantor pos.. mulai dr pos pusat kota jogja..deket kampus…kantor pos pusat logistik..dan beberapa kantor pos tingkat desa.. yang paling murah yang dari kantor pos desa aku… ke eropa cuma dipatok 5000.. yang lain.. tetep… 7500 dan 8500….

        masi heran.. dr paling desa kok malah yg paling murah yak.. pdhla kan proses nya makin banyak… hehehe.. sotoy..

        mbak satu lagi.. kan kalo swap2 di postcrossing kadang ada yang minta dikasi prangko unik apa khusus..bwd koleksi… itu gimana dapetnya yak..? apa kasi perangko biasa aja..?

      • nanien berkata:

        kalo gw beli perangko di kantor filateli Jakarta. Coba aja cari kantor filateli di daerahmu atau tanya di kantor pos dimana bisa beli perangko yang gambarnya beragam 🙂

  8. Luc berkata:

    kak, saya akan mengirimkan 5 kartu pos ke luar negeri. pedoman tarif di blog anda apakah masih berlaku hingga saat ini? terima kasih

  9. mira berkata:

    aduh mba tx y infony… dari kemaren nyari info harga pos ke luar negeri susah banget…
    mba tanya sekalian, pernah kirim kartu ucapan ke luar negeri g? apa sama tarifnya dengan berat yg 20-50grm itu? saya mau kirim ke bangladesh…

  10. ellora berkata:

    mbak, aku mau tanya dong. tadi kan aku ke pos indonesia perpus pusat ui.
    dia bilang klo ke ko-sel perangko 3000 ga bakal sampe..
    tetep ikutin tarif ini atau tempel lebihan kak?

  11. Danica berkata:

    Saya baru saja tadi pagi ke kantor pos (di Malang) terus nanya, “Kalo mau kirim kartu pos ke luar negeri biayanya berapa ya?” dan kata petugasnya, “10 ribu, pukul rata semua negara”. Itu gimana dong? Setelah baca ini agak nggak rela juga kalo harus keluar 10rb soalnya mau kirim banyak kartu pos.

    • nanien berkata:

      hmm.. kalo saya ke kantor pos udah ditempelin prangko. Di kantor pos Univ Brawijaya waktu itu aman-aman aja tuh gak pake nanya 🙂
      Jadi, tempel prangko dari awal atau ganti kantor pos aja.

      • Danica berkata:

        Akhirnya saya coba ke kantor pos UB dan diberi tarif 5rb untuk Asia-Pasifik dan 7500 untuk Eropa. ^^

      • nanien berkata:

        jangan nanya ke petugasnya mbak. Pasang muka pede aja terus beli perangkonya aja dulu, tempel, baru kasih lagi. kalo diprotes bilang “saya udah sering dan selalu nyampe”. Kalo digituin petugas juga percaya 😀
        Saya selalu nyampe dengan tarif di sini kok hehe

  12. lia latifah berkata:

    sist,aku barusan ngecek di web pos indo.disitu dituliskan kalau kiriman yang dibawah 20 gr (kartu pos) tarifnya Rp.14rb.nah, rencananya,aku mau ngirim dari sidoarjo ke thailand.kira2 sampainya berapa hari?soalnya ini buat tugasnya keponakanku.trus enaknya aku beli perangko yang berapa biar aman and cepet sampai kesana?mohon jawabannya.trims ^_^

    • nanien berkata:

      Sist, seperti saya bilang, saya bukan petugas pos, hal teknis.seperti itu tanyalah pada yang berwenang ya
      Saya tidak bisa memprediksi akan sampai berapa hari dsb. saya cuma sharing daftar perangko yang saya dapat dr kantor pos. Jadi silakan langsung tanya ke petugas di kantor pos.

    • nanien berkata:

      Biasa kalau ke thai saya cuma kasih prangko 2500. Nyampenya misterius. kalau mau cepet dan terprediksi minta sama petugas posnya yang kilat dan terdaftar, jadi bisa dicek udah sampe mana, kayanya ada yang kaya gitu deh.

  13. Ridha berkata:

    kalo ngirim kartu pos tapi di masukin amplop (berarti kan masuk tarif surat kan ya) brarti itu masuk yang beratnya brp gr ?

  14. Losendra Yonando berkata:

    Mbak, kalau kirim surat ke malaysia, itu perangkonya 2500 ya ?
    kalau langsung nyemplungin ke kotaknya kena denda gak mbak ?

    balas ya mbak, ini tugas sekolah soalnya

  15. Dhienar Salam berkata:

    wah senangnya nemu blog ini.
    berarti memang sebenarny bisa kan ngirim paket dengan perangko?
    soalnya sering lihat video di youtube orang2 luar negri kirim2an paket tp kok pake perangko. atau kadag suka heran org luar mencantumkan biaya kirim paket cuma 2,5 USD atau 5 USD (emang sih yg dijual ringan seperti gantungan kunci. Berarti kemungkinan dengan biaya kirim segitu yg mereka pakai perangko kali ya

  16. Tegarzzz berkata:

    mbak, tadi saya cek tabel harganya di kantor pos Yogyakarta, Malaysia masuk kelompok II, dan Australia masuk kelompok I

  17. Fachri Reza berkata:

    very much helping. good job!

  18. Fachri Reza berkata:

    fyi aja, saya akhirnya ngeposin surat (bukan kartu pos) di kantor pos besar bandung. tarifnya katanya “naik”. untuk asia flat 7500. untuk eropa juga flat 10000.. iseng juga nyobain registered mail ke taiwan, karena sedikit berat (saya ngirim sdcard untuk claim garansi) tarifnya 32ribu.. saya bisa ngecek status pengirimannya, dikirim sabtu kemaren dan sekarang baru berangkat menuju taiwan..

  19. siscathania berkata:

    kak, aku mau kirim surat ke korea selatan. kata petugas posnya kalo 25gram itu harganya 25rb ._. baiknya gimana nih?

  20. Gaby berkata:

    ka, klw kirim 1 buah magnet kulkas bisa ga ya ke amerika? cs td ke kantor pos..bil ga bisa

    • nanien berkata:

      dibungkus rapi harusnya bisa, seperti kirim paket. Lebih baik pakai pos tercatat, ditimbang, gak pakai prangko, memang lebih mahal (tanya petugas, tergantung berat) tapi sudah pasti sampai dan bisa dilacak

  21. Dessy berkata:

    Waaah seneng banget bisa nemu artikel ini >< Aku baru tau kalau asal pakai amplop bisa pakai perangko, mau beratnya seperti gimana juga. Kemarin akhirnya barang yg bisa diamplopin pun dikirim ke Jepang dgn paket dan akhirnya diEMSin. Habisnya lumayan banyak, hampir 200 ( ;∀;) Ya walaupun sampainya kurang dari seminggu siih, tapi… (´・_・`)
    Btw tarif pakai perangko ini sampainya kira2 berapa hari ya? Dan kalau pakai perangko berarti nggak bsa dicek sampai mana sampai mana ya? Mbak bahas paket2 ke luar negeri gtu nggak? maksudnya yg nggak pakai perangko.. Makasih~

    • nanien berkata:

      Kalau pakai paket ke luar negeri bisa dicek langsung ke website pos Indonesia. Kelemahannya prangko memang ga bisa dilacak dan kita ga tahu apakah itu bakal sampe/ kapan sampenya

  22. Gita berkata:

    Wah baru nemu nih, Gini saya mau nanya. Saya mau ngirim surat ke jepang. sekarang tarif perangkonya berapa ya? apakah pasti tersedia di kantor pos si perangkonya ini. karena kan udah banyak yg pake paket tuh. hehe. terima kasih. Oiya satu lagi perangko harus ditempel di kanan atas apa bisa di kiri atas juga? hehe makasih ya

  23. Ririd berkata:

    Wah, aku jadi pengen ngirim kartu pos. Selama ini punya kenalan lewat email doang. Pernah punya pengalaman ngirim ke taiwan gak? Pengen ngirim tapi perangko yg dibutuhin kira-kira berapa ya? Makasi.

  24. irfan berkata:

    thanks untuk infonya mba nanien,, ternyata pak posnya jujur. saya kirim surat ke singapura dengan perkiraan berat 100gr-250gr hanya dipatok harga 30ribu. dikirimnya dari jakarta barat lho. hehe

  25. Bes berkata:

    Mbak Nanien infonya sangat membantu, saya masih newbie di dunia snail mail gitu 😀 hhe..
    Mbak, saya Intan dari Yogyakarta, nah temen saya dari KorSel minta dikirimin surat gitu, langkah pertama yang kudu saya ambil bagaimana ya ? Terimakasih banyak 🙂

    • nanien berkata:

      langkah pertama. ambil kertas dan pulpen lalu tulis suratnya. cara mengirim surat/kartu pos sudah sering dibahas (kayanya udah saya taro di postingan terdahulu) silakan dibaca teliti ya 🙂

  26. Gunawan berkata:

    mbak nanien tarif itu masih berlaku sampe sekarang? kabarnya tarif prangko udah naik sejak tahun 2014

    • nanien berkata:

      Nah saya juga belum cek yang 2014 mas Gunawan. Saya dengar juga sudah naik tapi karena sudah lama vakum tidak berkirim kartu pos jadi saya pun belum menerapkan tarif baru 🙂

  27. edwin berkata:

    Halo Nanien mo tanya apa benar perangko berlaku hanya 5 tahun sejak tahun penerbitan ?

  28. -n- berkata:

    wait a minute.
    ngirim postcard dr Indonesia ke Aussie (amannya) perangko Rp 4000 cukup?
    Prasaan kapan itu temenku ngirim ke aku kok sampe 10rebu lebih….. aku salah liat kayaknya yaaa, hahahaha……

  29. -n- berkata:

    oh recent update-nya barusan aku cek disini:
    https://denissapostcard.wordpress.com/tarif-kirim-kartu-pos/

    itupun tetep gak nyampe 10rebu.

  30. firda berkata:

    halo kak nanien! td aku ke kantor pos (cabang sih kyknya), trs nanya kirim ke luar negeri brp. bapaknya gatau, trs aku tunjukin aja tabel tarif perangko kakak wkwk (membantu bgt loh!),trs pas ditimbang sekitar 40gr ke hongkong dgn perangko 12rb (soalnya gaada yg 10an). nah itu normal kan ya kak? takut kecolongan soalnya:(( trs kira2 sampainya brp lama ya kak? kata bapak posnya sekitar sebulan. mohon info kak, makasih!:

    • nanien berkata:

      normal sih sepertinya. aku udah lama ga kirim ke luar negeri nih, tarif baru coba cek di komunitas postcrossing indonesia di facebook. ke HK sebulan sepertinya sampe kok, harusnya lebih cepet karena Asia.

  31. Shasa berkata:

    kak… kalo sekarang harganya masih berlaku gak? Trus kalo misalkan kita nembel perangko tapi kelebihan tarifnya gapapa?

  32. frrransisca berkata:

    kak mau tanya donk
    kemaren aku mau ngirim surat ke Australia, trus karena masih bingung harus pake perangko nominal berapa akhirnya aku nanya ke petugas pos-nya kan~ eh pas ditimbang ternyata beratnya 29 gram karena aku selipin foto sama souvenir kecil di dalam surat. Trus mba-nya ngomong “wah, kalo udah di atas 20 gram udah ga bisa kirim pake perangko” 0_o
    waduh~ jadi gatau harus ngomong apa XD
    minta infonya donk, ato pengalamannya~ apa emang sekarang peraturannya udah gitu..? kalo paket yg beratnya di atas 20 gram udah ga bisa kirim pake perangko??

    • nanien berkata:

      aku udah lama ga kirim2, tapi kalo berat (ga ngitung gram ya) pasti prangkonya lebih mahal, bisa aja tapi mending yang tercatat sekalian bayar (tanpa prangko).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: